Cara Makan Dengan Teratur

Tingkat stres tiap-tiap orang mungkin berbeda-beda, semua itu disebabkan oleh masalah yang dihadapinya. Untuk mengatasinya setiap orang mempunyai caranya masing-masing, ada yang memilih untuk berbelanja, tidur, atau ada juga yang memilih makan dan sebagainya. Tapi bagaimana dengan orang yang memilih untuk makan dalam porsi besar, wajarkah hal tersebut?

Sebenarnya, tidak doyan makan atau terlalu banyak makan sama-sama tidak baik bagi kesehatan kita. Yang baik adalah tidak terlalu banyak makan dan juga tidak terlalu sedikit makanan yang masuk. Karena, kalau terlalu sedikit makanan yang masuk atau melewatkan jam makan, justru itu akan menambah stres semakin besar. Sebab kita membutuhkan energi yang cukup, kalau tidak tubuh akan lemas, semangat turun dan konsentrasi pasti menurun.

Kalau kita tidak makan dengan teratur, maka bisa terkena penyakit maag. Tapi kalau karena stres, nafsu makan jadi meningkat itu juga harus hati-hati, karena kadang-kadang kita kurang menyadari dampak yang dapat timbul. Makan yang berlebihan akan mengganggu metabolisme, sehingga semakin lama bisa menimbulkan kegemukan.

Menurut Dr.Lamreta Simanjuntak, sakit penyakitpun juga dapat terjadi, contohnya seperti diabetes. Hal itu disebabkan karena banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan terjadi peningkatan insulin di pankreas. Tapi tidak hanya itu saja, kitapun dapat terkena penyakit jantung dan stroke. Semua itu bisa terjadi kalau kita tidak mempunyai pola makan yang baik, ditambah lagi kalau Anda seorang perokok.

Bagi Anda yang mengalami stres berat dan sering melampiaskannya dengan makan berlebih, harus mulai berubah karena itu adalah cara hidup yang tidak sehat. Anda bisa menggantinya dengan melakukan aktivitas yang sehat, seperti olahraga dan kegiatan aktivitas yang lainnya. Tidak hanya bisa mengurangi stres, tapi badan juga akan lebih sehat.

Cara yang lebih baik lagi adalah mulailah makan dengan teratur, jangan makan diluar jadwal, hindari makan yang berlebihan, pilihlah makanan yang mengandung kalori rendah dan lakukanlah aktivitas pada saat keinginan makan mulai timbul supaya pikiran teralihkan.

Subscribe to receive free email updates: