Cara Membuat Tugas Akhir


Banyak orang bingung dalam membuat tugas akhir terutama di kalangan para mahasiswa/mahasiswi
disini saya akan membagi tips cara mengerjakan tugas akhir kampus. Sebelum membuat tugas akhir kita harus memperhatikan faktor-faktor pendukung terlebih dahulu sebelum membuat tugas akhir .

Sebelum terjun dalam pembuatan tugas akhir ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan terlebih dahulu seperti,

1.      Judul Tugas Akhir
Judul tugas harus sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan ditempat kita praktek kerja lapangan (PKL) misalnya pada instansi kita membantu pekerjaan mereka dengan menggunakan software yang dapat mempercepat kerja para karyawan dan itu harus kita terapkan pada tugas akhir kita.

2.      Permasalahan
Tuliskan apa kendala yang ditemukan ketika kita melaksanakan prakterk kerja lapangan/kuliah kerja nyata pada instansi tersebut misalnya sulitnya penggunaan program/software atau lambatnya proses manual sehingga harus menggunakan aplikasi untuk mempercepat pekerjaan.

3.      Tujuan Penelitian
Tujuan atau riset kita disana, tentu berpedemonan pada poin 2 diatas agar kita dapat mempercepat dan mempermudah pekerjaan di instansi tersebut dengan cepat dan akurat.

4.      Rencana Lokasi Penelitian
sebelum membuat tugas akhir terlebih dahulu cari lokasi penelitian atau tempat praktek kerja lapangan yang sesuai dengan skill kita agar dapat membantu dimana nanti kita praktek kerja lapangan, kalau jurusan komputer sebaiknya diperkantoran atau instansi kalau teknik sebaiknya cari diperusahaan yang sesuai skill atau jurusan kita.

Setelah poin-poin diatas terlaksana maka kita akan masuk tata cara menulis tugas akhir, sebelum menulis tugas akhir harus memahami kerangkanya terlebih dahulu dan susunan - susunan BAB dan topik yang akan kita tulis agar tugas akhir kita gampang dipahami dan dapat menarik minat para pembaca.


1.           Maksud dan Tujuan

Buku ini berjudul “ Tata Cara Penyusunan Tugas Akhir”, berisi mengenai petunjuk-petunjuk dan ketentuan–ketentuan yang harus diikuti oleh para mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri dalam penyusunan tugas akhir. Apa yang diuraikan dalam buku ini terbatas pada masalah teknis, berarti bagaimana suatu tugas akhir harus dibuat. Bentuk Tugas Akhir meliputi bagian pendahuluan, bagian isi, pelengkap penutup, ukuran buku, penulisan halaman, serta hal-hal yang berhubungan erat dengan masalah teknis penyajian materi Tugas Akhir.

1.      Suatu karya tulis ilmiah 
akan lebih bermakna bila dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain yang membacanya, serta bila mungkin dapat juga tersebar secara lebih meluas sesuai dengan sasaran atau target audiennya. Kita menyusun suatu karya tulis ilmiah  dengan maksud agar dapat dibaca oleh orang lain baik untuk orang tertentu, golongan masyarakat tertentu, atau masyarakat luas. Oleh karena itu, kualitas karya tulis ilmih tersebut menjadi sangat penting artinya.

Kualitas suatu karya tulis ilmiah dapat ditentukan oleh berbagai aspek. 
(1). karya tulis ilmiah harus ditentukan sesuai topik materi yang ingin ditulis kedalam tugas akhir serta pokok pembahasanya, sebab faktor ini berperan penting dalam upaya menarik minat para pembaca, 
(2), memenuhi persyaratan seperti bentuk format tulisan, gaya huruf, maupun sistematika penulisan tertentu yang sudah baku.

2.      Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah merupakan uraian atau laporan tentang kegiatan, temuan atau informasi yang berasal dari data primer dan/atau dari data sekunder, serta disajikan untuk tujuan serta sasaran tertentu. Informasi tersebut dapat berasal dari data primer, yaitu didapatkan dan dikumpulkan langsung dan belum diolah dari sumbernya, seperti melalui pengujian (tes), kuesoiner, wawancara, pengamatan (observasi). Informasi tersebut dapat juga berasal dari data sekunder yang telah dikumpulkan  dan diolah oleh orang lain, seperti melalui dokumen (laporan), hasil penelitian, jurnal, majalah maupun buku.

3.      Penulisan Naskah
Pada umumnya, penulisan karya tulis ilmiah terdiri atas persiapan naskah pertama, revisi naskah, persiapan format, editing akhir dan koreksi akhir.

    
a.            Naskah Pertama
     Sebelum anda mulai menulis, aturlah terlebih dahulu catatan informasi sesuai dengan urutan topic yang sesuai dengan kerangka pemikiran. Dalam penulisan naskah pertama ini, anda harus memusatkan pada pengembangan ide. Anda bisa menulis tulisan dari awal hingga akhir secara berurutan atau memilih bagian intinya terlebih dahulu dengan mengabaikan pendahuluan dan kesimpulan.
     
b       Revisi
        Setelah naskah pertama selesai, lakukanlah pemeriksaan kembali secara menyeluruh materi pada tulisan anda. Hal ini dilakukan dengan menyempurnakan yang kurang jelas dan perbedaan pada rangkian tulisam, gunakanlah kata yang tepat dan struktur kalimat yang efektif.

c.             Format
      Penggunaan format tulisan, seringkali saling berbeda. Namun pada kenyataannya format tersebut mempunyai prinsip yang sama yaitu : Bagian Awal, Bagian Utama, dan Bagian akhir.

d.           Editing Akhir
     Editing akhir mencakup pemeriksaan terhadap masalah dan mengkaitkan dengan seluruh penulisan terutama pada pembahasan dan kesimpulan. Apakah setiap kalimat sudah jelas? Apakah setiap alinia mempunyai makna yang jelas dan mempunyai urutan yang baik? Apakah secara keseluruhan mudah dibaca dan mampu mengungkapkan alur pembahasan dari satu ide ke ide berikutnya.

e       Koreksi Akhir
          Koreksi akhir biasanya dilakukan pada hasil cetakan percobaan. Pekerjaan ini sangat membosankan, namun perlu dilakukan untuk menyempurnakan tulisan anda. Lakukan koreksi akhir ini dengan tenang, mulai dari kata, kalimat hingga pengertian dan makna penulisan secara keseluruhan. Apakah masih terdapat kesalahan cetakan, tatabahasa, pemilihan kata, maupun penggunaan struktur kalimat.



Demikian lah ulasan singkat tentang bagaimana cara membuat Tugas akhir, semoga dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa/

"Baca juga cara membuat Persyaratan dan Tata Cara Memprogram Tugas Akhir"

Cara Membuat Tugas Akhir

Subscribe to receive free email updates: