CARA MENGATASI LUKA BAKAR

Luka baker juga sering terjadi di rumah, mulai dari terkena api, air panas, setrika, minyak panas, kenalpot dan sebagainya. Hal pertama yang harus dilakukan, segera dinginkan luka. Caranya siram bagian yang terkena panas tadi dengan suhu air normal air bersih yang mengalir dari kran dan selau terus meneru / continue, usahakan air menyiram sebanyak-banyaknya atau kurang lebih 1 – 2 jam. Lebih baik lagi air yang digunakan air bermineral karena di jamin bersih dan lebih higinies.

Jangan diberi air es, karena penyebab luka biasanya masih menempel pada kulit, seperti air atau minyak yang panas. Dengan menyiram air bersih yang sebanyak-banyaknya, penyebab luka tadi akan lepas dari kulit, sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih fatal pada jaringan kulit.

Ada anggapan jika disiram air, luka akan menggelembung dan meniggalkan bekas. Justru itu pertanda bagus, karena penggelembungan kulit berarti bagian kulit yang paling luar sudah bereaksi untuk melindungi bagian kulit yang dalam.

Luka yang menggelembung bisa diobati dirumah sakit. Segera tutup luka dengan kain bersih atau lebih baik lagi tutup dengan kain kasa steril, dan bawa ke rumah sakit. Jika tidak ada air bersih, luka bakarnya kecil, dan di depan anda ada mentega, anda boleh mengoleskan ke luka baker. Mentega jika kena panas akan mencair. Proses pencairan itu menarik panas dari kulit. Namun, jika luka bakarnya terlalu besar, paling baik gunakan air bersih karena langsung mendinginkan lukanya.

Subscribe to receive free email updates: