Cara Mengatasi Panu , Kudis , Kadas , Kurap

Panu , Kudis , Kadas , Kurap



Panu yakni penyakit kulit yang berpusat dekat antara selangkangan dan dapat menjalar sampai ke seluruh kulit badan. Rasanya gatal bila kena keringat atau panas, warnanya putih bulat-bulat merata seperti jamur kayu. Sedangkan kudis adalah penyakit yang mengandung kuman, dapat menular, kudis berupa bisul-bisul kecil, mengandung nanah di dalamnya. Kalau kadas, adalah jenis penyakit kulit seperti panu akan tetapi hanya setempat saja dan jarang merambat. Kebanyakan pada leher atau kepala. Merupakan penyakit kulit yanga berbentuk bulat berbintik-bintik kecil, kalau berkeringat rasanya gatal sekali. Semua penyakit ini dapat menular.Kurap adalah sebangsa penyakit kulit berbintik-bintik kering merata diatas kepala / bagian-bagian lain.

Resep mengobati panu yaitu jahe diparut lalu dicampurkan remasan semut hitam dan diberi minyak kayu putih, kemudian gosokkan  pada daerah kulit yang terkena penyakit panu / pada kulit yang berpanu. Ada juga resep lain seperti daun ketepeng cina diremas dan bubuhi sedikit garam lalu gosokkan pada induk panu. Resep untuk salep penyakit kudis: buah pala dan belerang ditumbuk kemudian  dicampur  satu lalu ditambah minyak kelapa, kemudian dipanaskan setelah dipanasakn hangat-hangat kuku oleskan ke panu. 

Jenis Obat Jamur Kulit

Pada dasarnya obat jamur kulit ini bekerja hanya menghambat jamur dengan mengganggu aktivitas sel-sel jamur sehingga menjadi rusak. Obat jamur biasanya berbentuk krim atau saleb untuk di oleskan pada daerah kulit yang terkena jamur.

1. Penggolongan obat Jamur Kulit

Macam-macam obak kulit generik yang ada di Indonesia , antara lain:
1. Griseofulvin
Obat ini berfungsi untuk membunuh dan menghamat penyakit kulit baik di kulit, tangan dan kepala

2. Imidazol dan Triazol
Obat jamur golongan imidazol mempunyai spektrum yang luas. Kelompok ini adalah mikonazol, klotrimazol, ekonazol, isokonazol, tiokonazol, dan bifonazol. Angka penyembuhan tinea pedis dengan mikonazol sebesar 95%.

3. Tolnaftat
Tolnaftat merupakan suatu tiokarbamat yang efektif untuk sebagian besar dermatofitosis yang disebabkan T. Rubrum, T. metagrophites, T. tonsurans, E. Floccosum, M.canis, M. Auduoini dan P.orbiculare tapi tidak efektif terhadap candida. Angka penyembuhan tolnaftat pada tinea pedis sebesar 80%.

4. Nistatin
Obat ini merupakan suatu antibiotik polien yang dihasilkan oleh Streptomyces noursei. Nistatin terutama digunakan infeksi kandida di kulit, selaput lendir dan saluran cerna.


2. Infeksi jamur kulit

Infeksi jamur kulit kerap diderita oleh masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis yang rentan terhadap penyakit jamu

Jamur pada umumnya dapat tumbuh di daerah kulit manusia yang lembab seperti  ketiak, selangkangan, sela jemari kaki, lipatan kulit yang lembab, di bawah lipatan payudara, dan tak menutup kemungkinan di lipatan bokong juga terkadang terinfeksi jamur juga

Infeksi jamur dapat dibedakan :

1. Tinea capitis biasanya akan menyerang bagian kulit kepala, rambut, alis, dan bulu mata.
2. Tinea barbae biasanya singgah dibagian dagu dan pipi yang biasa ditumbuhi rambut.
3. Tinea manuum yang mendarat di tangan dan telapak tangan.
4. Tinea unguinum bisa menyerang kuku hingga rusak, rapuh, dan bentuknya tak lagi normal. Di bagian bawah kuku bakal menumpuk sisa jaringan kuku rapuh.

5. Tinea pedis yang menyelip di sela-sela jari dan telapak kaki, dikenal juga dengan athlete's foot, ringworm of the foot, kutu air atau rangen kata orang Jawa.

6. Pityriasis versicolor alias panu, yang kerap muncul dibadan, ketiak, lipatan paha, lengan, tungkai atas, leher, wajah, dan kulit kepala. Bentuknya berupa bercak bersisik halus putih hingga kecokelatan.

7. Tinea corporis /kadas&kurap biasanya timbul di bagian leher atau badan, yang ditandai dengan timbulnya bercak bulat atau lonjong,  yang kemerahan, bersisik, dan berbintil.

8. Tinea cruris atau infeksi jamur di lipatan paha, daerah bawah perut, kelamin luar, selangkangan, dan sekitar anus.

9. Candidosis. Infeksi jamur Candida sp. ini banyak menyerang kulit dan vagina kaum hawa. Umumnya tak berbahaya, meski dapat meradang. Kehadirannya ditandai dengan penebalan kulit, dadih putih bak kotoran, peradangan, dan sakit saat buang air kecil atau senggama.
Penyakit jamur dapat berlangsung selama bertahun-tahun.
Sebenarnya penyakit jamur bisa disembuhkan. 

Subscribe to receive free email updates: