Cara menangani masalah tidak bisa double clik di komputer


Cara perbaiki tidak bisa double clik
Pengalaman sering tanya jawab di yahoo answear menginspirasi saya untuk mempostingkan artiker ini, banyak pengguna komputer yang sering mengalami masalah ini, yaitu masalah tidak bisa double clik di komputer, dan ini langkah - langkah untuk mengatasinya :

1. Coba cek Proses yang sedang berjalan di Task manager, proses apa saja yang menyebabkan komputer kita tidak bisa men-double clik, coba cari proses yang berextensi ".exe" dan bukan bawaan program yang sedang berjalan, ketika proses ini di-end-task, proses ini akan berhenti, namun saat komputer direstart, maka proses ini akan berjalan lagi. 

2. Langkah berikutnya, anda tinggal cari program yang bernama ProcessMonitor dan ProcessExplorer. Dengan 2 program ini, anda dapat mencari proses yang namanya sudah diketahui sebelumnya di ProcessExplorer/Process Monitor. Setelah proses tersebut ditemukan, maka anda cek properties-nya dia nyimpen sodara2nya dimana aja. Dalam kasus yang saya temukan, dia nyimpen di sodara2nya di “HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCur rentVersionRun” (registry windows – bisa diakses dengan mengetikkan regedit di run), system32, dan di Drive C:. Setelah anda mengetahui letak master copy virus, maka proses berikutnya adalah menghapus semua proses dan registry yang telah diketahui tersebut, antara lain dengan :

1. Mematikan terlebih dahulu processnya (lewat process explorer/process monitor)
2. Menghapus kode di registry
3. Biasanya pada folder system32 ada terdapat lokasi dari icon master tersebut kemudian hapus
bila tidak bisa menghapus secara normal gunakan software unlocker. Saya tidak bisa menemukan master copy yang terletak di system32, maka saya coba langkah berikutnya, dengan membuka Tools-Folder Options - trus ke Tab View, dan centang Hide Extensions for known file types dan kemudian Hide protected operating system filesnya dinonaktifkan sementara serta centang Show hidden files and folder diaktifkan. Setelah ketemu silahkan hapus file tersebut dan restart komputer anda coba gunakan double klik untuk membuka suatu aplikasi yang sudah terinstall di komputer anda.


Subscribe to receive free email updates: