Cara Melepas Fuelpump Injeksi Yamaha Vario

Cara bagaimana melepas fuelpump injeksi tanpa harus membongkar semua body dengan tujuan bisa mempersingkat waktu untuk membersihkan pompa terebut. sebenarnya ini masih artikel lanjutan setelah kita kemarin sempet membahas tentang bagaimana cara bersih-bersih injector.



sebelum saya membahas tentang cara pembongkaranaya ,sedikit saya jelaskan apa itu fuelpump dan cara kerjanya gimana?
FUELPUMP adalah  komponen pada  komponen pada motor injeksi yang di tanam di dalam tangki bahan bakar untuk memompa/mengalirkan bahan bakar menuju injector. Dimana dari cara kerja berfungsi memompakan bahan bakar dari dalam tangki menuju ke injector melalui selang injector dan menimbulkan tekanan yang akhirnya di semprotkan dan di bakar di ruang bakar pada motor.


Apa saja sih penyebab dari tekanan bisa turun dari ukuran standar ?
1. Tersumbatnya saringan fuelpump oleh kotoran-kotoran dalam tangki
2. Tersumbatnya kotoran yang ada dalam pompa tersebut sehingga menghambat putaran
    dari rotax.
3. Fuel pump sudah lemah.


Dari Kendalah di atas saya akan mencoba langkah sederhananya dulu .yaitu dengan cara membersihkanya dahulu (poin 1 dan poin 2) sebelum memutuskan untuk mengganti fuelpump jika terbukti tidak memungkinkan untuk di gunakan. 

Sebelum ke eksekusi kita pastikan dulu apakah ukuran tekanan sudah memenuhi ukuran standar atau di bawah standar,jika di bawah standar maka sebelum mengganti tidak ada salahnya untuk di bersihkan terlebih dahulu.

Yang akan saya praktekan adalah membongkar fuelpump khususnya pada vario 125 tanpa membongkar body seutuhnya.

Langkah awal adalah;
1. Membongkar jok,bagasi,dan dashboard penutup bagasi
2. Buka tutup tangki dan sedot bensin sampai habis
3. Geser lepas kabel dari pemutup fuelpump

 Injeksi Yamaha Vario


Kemudian angkat penutup fuelpump ke atas sampai terlihat fuel pump nya
 Fuelpump Injeksi Yamaha Vario

Lalu lepaskan soketan pada fuelpump
 Fuelpump Injeksi Yamaha Vario

Buka klip pengunci selang dan buka selangnya
Fuelpump Injeksi Yamaha Vario



Lihatlah 4 mur tahanan fuelpump pada gambar dan bukalah menggunakan kunci ring 10 sampai terlepas semua dan bukalah juga penahan2nya.dan simpanlah.


Lalu angkat fuelpump dengan hati-hati sampai keluar dari tangki dan berikut gambar tampilan dari Fuelpump

Fuelpump Injeksi Yamaha Vario

Setelah terlepas semuanya sekarang membongkar bagian-bagian dari puelpump nya untuk di bersihkan.
1. Buka saringan minya  dengan cara putarkan saringan searah dengan jarum jam 
    sambil mencongkel dikit dengan obeng kecil kemudian jemur saringan tersebut agar
    kering.
2.lepaskan dan simpan oring nya
Fuelpump Injeksi Yamaha Vario


Bukalah semua kabel ingat dan perhatikan warna yang menempel


Gambar Saringan Injeksi

Buka ke empat klip pengunci fuelpump dengan bantuan obeng tipis secara hati-hati, dan lepaskan kerangka fuelpump setelah lepas kemudian lepas rotak/dinamo pompanya, simpan oring yang menempel di lubang output rotax

saringan fuelpump


sebelum melanjut ke tahap pembersihan ada sedikit yang harus  di bongkar terlebih dahulu pada rotak, upayakan hati-hati harus membuka klep rotax dulu agar cairan cleaner bisa masuk ke dalam rotax (letaknya di lubang output rotax) lihat gambar dibawah ini :


BOTAX injeksi

Nah setelah di buka,,semprot bagian dalam rotax menggunakan cairan cleaner,sampai karat dalam rotax bersih.(JANGAN MENYEMPROT LUBANG ROTAX DENGAN ANGIN KOMPRESOR,CUKUP GOYANG - GOYANGKAN CAIRAN DALAM ROTAX LALU BUANG..ULANGI LANGKAH TERSEBUT SAMPAI BERSIH)

- Kalau sudah bersih pasang kembali klep rotax tersebut ke semula.
- Coba cek rotax apakah berfungsi normal 

-  Ambil saringan yang telah di jemur di terik matahari,lalu semprot menggunakan angin 
   kompresor sampai bersih.

-  Satukan dan pasang kembali rotax,kerangka dan saringan beserta kabel-kabelnya ke 
   semula
-  Pasang kembali ke tangki,,isi bahan bakar dan ukurlah tekanan puelpump...jika tekanan 
   sudah sesuai ukuran maka dapat di pastikan keadaan fuelpump sudah normal.
- Tes hidupkan kendaraan anda, kalau sudah normal ketika di gas berarti motor anda sudah
   seperti semula pembakarannya


NB : Jika tekanan masih di bawah ukuran standar maka coba ganti fuelpumpnya

Subscribe to receive free email updates: