CARA MENGATASI KEBAKARAN HUTAN, LAHAN DAN KEBUN PADA TANAH-TANAH BERGAMBUT

CARA EFEKTIF MENGATASI KEBAKARAN HUTAN, LAHAN DAN KEBUN PADA TANAH-TANAH BERGAMBUT

CARA EFEKTIF MENGATASI KEBAKARAN HUTAN, LAHAN DAN KEBUN PADA TANAH-TANAH BERGAMBUT
Kebakaran hutan, lahan dan kebun seringkali terjadi. Dampak yang ditimbulkan sangat luas bagi manusia dan lingkungan hidup. Kerugian ekonomi, ekologi, kesehatan, dan aspek lainnya sudah pasti terjadi. Untuk melakukan pemulihan mebutuhkan waktu yang lama. Mencari penyebab terjadinya kebakaran hutan sangat sulit. Yang pasti, terjadinya kebakaran hutan karena ketamakan manusia. Hutan, lahan dan kebun dibakar. Latar belakang pembakaran sangat beragam. 


BAGAIMANA CARA MENGENDALIKAN KEBAKARAN

Banyak cara untuk mengendalikan kebakaran. Contoh sederhana yang dapat dilakukan : “Jangan Membakar Sampah di Musim Kemarau”. Membersihkan kebun yang bersemak. Membersihkan lahan tidur yang dimiliki, tanam dengan tanaman yang bermanfaat. Sulit tumbuh, Mas? Tanam dengan Nenas atau Kelapa Sawit. TBS kelapa sawit sekarang sudah dibeli orang. Itu murah!. Lima tahun kedepan, so pasti, harganya sangat baik. Buat parit batas tanah yang jelas.
Bagi kawan-kawan yang hoby memancing di hutan, jika membuat api pendiangan jangan ditinggalkan, padamkan. Aturlah perilaku kita untuk tidak menimbulkan terjadinya kebakaran hutan, lahan dan kebun secara berkesinambungan, selama kita masih diberi waktu oleh yang Disana.

CARA EFEKTIF MEMADAMKAN KEBAKARAN HUTAN, LAHAN DAN KEBUN

Kami sudah lakukan!!, mulai dari menggunakan Gayung, Ember, Baskom, Memukul dengan Kayu, Katir Bomtik, Semprot dengan Hitachi, Menggali Kawah Api di Gambut, Memanggil Pawang Hujan, Jelangkung dll. Tidak bisa!, letih saja, buang tenaga!. Enak tidur saja!.  Pasti ada cara terbaik untuk melakukannya. Tentu, harus efektif, ekonomis dan efesien.

PERLATAN YANG DIPERLUKAN

1. Mesin Pompa bertekanan tinggi untuk pencucian kendaraan/mobil merek Yuen Liang buatan
    Taiwan atau merek lain berikut dengan mesin penggerak.
2. Drum penampungan air, dapat diisi dengan air pompa Hitachi atau Ember.
3. Selang bertekanan yang dapat disambung secara praktis. Panjang selang 100 meter. 4. Tongkat
    penyemprot/Stik Semprot.
5. Masker Penahan Debu dan Asap.
6. Sepatu Both.



KESIMPULAN

1. Pemadaman kebakaran pada hutan, lahan dan kebun dengan menggunakan Pompa Air Bertekanan Tinggi/Pompa Cucian Kendaraan/Mobil sangat baik dilakukan. Pompa bertekanan dapat memadamkan api dalam radius yang luas, air yang dikabutkan akan memadamkan api dan mengurangi panas yang ditimbulkan.
2. Dengan pompa bertekanan tinggi, air yang ditembakkan dapat menjangkau kawah-kawah api lahan gambut yang dalam sehingga kawah api yang terjadi dapat dipadamkan segera.
3. Untuk menuju titik sasaran kebakaran lebih mudah karena selang yang ditarik bentuknya ramping, ringan, tebal, tahan panas dan tidah mudah tersangkut onak dan duri yang ada dilokasi kebakaran. Dapat disambung-sambungkan sesuai keperluan.
4. Petugas yang mengoperasikan lebih mudah dan
dapat terlindungi oleh kabut tirai air yang disemprotkan. Panas akibat kebakaran berkurang, efektifitas pemadaman meningkat.
5. Peralatan yang diangkut tidak terlalu banyak dan tidak terlalu berat.

SARAN TINDAK LANJUT

1. Harga peralatan Pompa Bertekanan Tinggi/Pompa Cucian Mobil tidak terlalu mahal. Pada saat musim kebakaran dapat difungsikan untuk memadamkan api. Pada saat musim tidak terbakar, dapat difungsikan untuk cucian kendaraan/mobil. Jika dibeli oleh keluarga yang memerlukan tidak mubazir. 
2. Pemerintah hendaknya memfasilitasi
masyarakat dengan peralatan Pemadaman Api yang diperlukan dengan menyediakan peralatan Pompa Bertekanan Tinggi/Pompa Cucian Kendaraan/Mobil pada lokasi-lokasi rawan bencana kebakaran.
.


Subscribe to receive free email updates: