Jenis - Jenis Kebakaran Menurut Klasifikasinya

Klasifikasi dan Aplikasi Media Pemadam Kebakaran

Kebakaran adalah suatu pristiwa nyala api baik dari kecil maupun skala besar pada tempat, situasi dan waktu yang tidak  dikehendaki,  yang bersifat dapat merugikan serta pada umumnya sangat sulit untuk dikendalikan.

Menurut peraturan menteri tenaga kerja No.Per.04/Men/1980 kebakaran diklasifikasi menjadi 4 Klas yaitu :
1.  Klas A adalah Kebakaran yang terjadi dari jenis bahan padat kecuali logam.  Kelas jenis ini mempunyai beberapa ciri dan jenis kebakaran yang meninggalkan sisa pembakaran seperti arang dan abu.  Unsur bahan yang terbakar biasanya mengandung carbon.  Aplikasi media pemadam yang cocok adalah bahan jenis basah yaitu “ AIR “.Prinsip kerja air dalam pemadaman api adalah dapat menyerap kalor / panas dan dapat menembus hingga bagian dalam.
2.    Klas B adalah Kebakaran yang terjadi akibat bahan jenis cair dan gas.  Klas ini terdiri dariunsur bahan yang mengandung hydrocarbon dari produk minyak bumidan turunan kimianya. Media pemadam yang tepat untuk bahan bersifat cair yaitu jenis foam/busa.  Prinsip kerja pada busa adalah menutup permukaan cairan yang akan mengapung pada permukaan. Media pemadam yang tepat untuk bahan bersifat gas adalah jenis bahan pemadam yang bekerja atas dasar subtitusi oksigen atau memutuskan reaksi berantai yaitu dengan tepung kimia kering dan gas CO2 atau gas Halon.
3.    Klas C adalah kebakaran pada aparat listrik yang bertegangan tinggi.  Aplikasi media pemadam ini yang cocok untuk klas C adalah jenis kering yaitu Tepung kimia kering dan Gas CO2 atau Halon.
4.    Klas D adalah Kebakaran dari bahan logam.  Pada prinsipnya semua bahan dapat terbakar termasuk pada logam.  Logam dapat terbakar jika titik nyala api sangat besar.  Kebakaran logam perlu langkah awal yang tinggi dana akan menimbulkan temperatur yang tinggi juga.  Jenis kebakaran pada suatu logam tidak  dapat  menggunakan air atau pada pemadam pada umumnya, justru akan menimbulkan bahaya.  Maka dari itu harus direncanakan langsung secara khusus dengan prinsip kerja menutup permukaan bahan yang terbakar dengan cara menimbunnya


Subscribe to receive free email updates: