Jenis-Jenis Nozzle Damkar

Nozzle Jet

Jenis Jenis Nozzle Damkar
Tipe nozzle Jet  ini yang umumnya digunakan dalam upaya pemadaman api adalah jenis Smooth Bore Nozzle atau sering disebut dengan bahasa damkar yaitu bor halus, namun sering pula disebut dengan Jet Nozzle. Nozzle pemadaman tipe Smooth Bore hanya memiliki tuas Shut-Off Valve atau katup penutup, dan tak memiliki bagian-bagian komponen yang lainnya. Smooth Bore Nozzle memang didesain runcing pada ujungnya seperti bentuk kerucut dan  kelebihanya  tahan beroperasi pada kurang lebih 50 hingga 80 psi (pon per inci persegi). Aliran air yang diarahkan nozzle jenis ini cenderung padat dan tak menyebar sehingga mampu untuk menembus api yang berkobar dan langsung menuju sumber bahan atau materi yang terbakar.

Nozzle Gun/Spray

Nozzle Gun
Jenis Nozzle Gun/Spray ini adalah nozzle pemadaman yang cukup populer  atau sering disebut nozzle fog/kabut. Jenis nozzle ini dapat juga disebut dengan nama Spray Nozzle. Nozzle Gun memiliki sistem operasi yang sangat berbeda dengan Smooth Bore yang menyerang dengan aliran air padat dan hanya satu arah. Nozzle Gun cenderung memiliki pola air mancur yang halus dan lebar seperti prisai, kabut air yang tipis sehingga mampu menciptakan semacam tirai air yang akan melindungi petugas atau pengguna dari jilatan api ataupun hawa panas yang menyengat. Untuk dapat menggunakan tipe nozzle ini, personil pemadaman tidak dapat berada terlalu jauh dari area  kebakaran karena sifat semburan air Nozzle Gun cenderung lebih pendek. Nozzle Gun dapat beroperasi dengan baik pada tekanan 80 sampai 100 psi. Pola kabut air yan membentuk prisai pada Nozzle Gun yang beroperasi di dalam ventilasi  mampu menarik udara di belakang menuju ke depan sekaligus mendorong asap kebakaran untuk keluar dari ruang tertutup tentu ini efektk digunakan pada pemadaman jarak dekat bila terjadi kebakarna di daerah perkebunan maupun hutan.
Selain Smooth Bore dan Fog Nozzle, jenis nozzle kebakaran lainnya adalah Foam Eductors yang dirancang dengan memproduksi busa pemadam api. Tentunya sistem kerja busa akan berbeda dari air, busa cenderung memiliki fungsi untuk melingkupi atau menutupi area yang terbakar.

Nozzle Foam

Jenis nozzle kebakaran Foam Eductors ini memiliki ukuran yang besar dengan bentuk yang menyerupai lonceng kerucut. Sayangnya, Foam Eductors beroperasi dengan jumlah yang tergolong jauh lebih rendah dibanding dengan tekanan air yang mampu dihasilkan oleh jenis Smooth Bore maupun Fog Nozzle.
Masih ada satu lagi jenis nozzle kebakaran. Jenis nozzle ini juga dinamakan Deluge Guns yang disebut pula  dengan nama nozzle banjir karena jenis ini mampu memberikan tekanan air yang sangat tinggi. Selain itu, Deluge Guns juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memasok air keluar, yaitu lebih dari 350 galon (1.300 liter) dalam satu menit. bentuk dari Deluge  Gun ini dapat dipasang pada ujung selang seperti jenis nozzle kebakaran lainnya, namun bisa pula dalam desain portabel yang bekerja individual sehingga petugas pemadam dapat memasang pada area serta dapat meninggalkannya di titik lokasi kebakaran, sementara itu petugas  akan dapat bekerja di lokasi kebakaran yang lainnya untuk melakuka pemadaman.

Nozzle Hydrant

Hydrant nozzle variable merupakan salah satu fire hydrant equipment (alat pemadam kebarakan) yang paling depan ketika digunakan oleh tim pemadam kebarakan (fire brigade) dalam pertarungan melawan api saat terjadi kebarakan. Baik diluar gedung maupun didalam gedung hydrant nozzle variable merupakan senjata yang ampuh digunakan untuk mengarahkan air dalam memadamkan api oleh pemadam kebakaran.
Dan masi banyak lagi jenis - jenis nozzle yang ada, namun yang infoberbagi.web.id bahas hanya seputaran dalam negeri yang sering digunakan oleh tim pemadam kebakaran atau sering disebut Damkar, untuk tipe-tipe coupling pada nozzle berbeda-beda ada tipe Machino, Nakajima, Stors dan masi banyak lagi, jadi setiap membeli nozzle perhatikan tipe coupling pada selang kita agar pembelian tidak sia-sia sekian terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: