Komponen – Komponen Mesin Injeksi dan Berserta Fungsinya

Komponen – Komponen Mesin Injeksi dan Fungsinya – Seperti  kita ketahui  bahwa kebanyakan sepeda motor 2015 ke atas saat ini sudah banyak menggunakan mesin sistem injeksi. Hal yersebut untuk menyempurnakan pembakaran dan pastinya akan irit bahan bakar. Karena menggunakan mesin injeksi pembakaran BBM dalam ruang bakar akan sempurna karena sudah di seting secara elektronik dengan melalui sensor – sensor yang pintar yang sudah di seting oleh pabrikan. Pertama kali mesin injector di terapkan yaitu di motor Honda, dan kini sudah banyak di gunakan oleh perusahaan – perusahaan lainnya seperti Yamaha, Suzuki dan perusahaan lainnya.
Untuk lebih mengenal tentang mesin injeksi, sebaiknya kita telebih dahulu mengetahui komponen – komponennya terlebih dahulu yang telah di tanam pada mesin berjenis fuel injector/injeksi. Dan apa saja fungsi dan kerjanya. Berikut ini adalah beberapa komponen – komponen injeksi dan fungsinya.
ECM ( Eletrnic Contro Module )
Fungsi dari Eletrnic Contro Module ini yaitu untuk menerima sinyal dari berbagai sensor. Nah, untuk sensor sendiri yakni bekerja di berbagai kendaraan oprasional mesin, lalu Eletrnic Contro Module akan mengolah data da akan membandingkan dengan parameter yang sudah ada, setelah itu memerintahkan Actuator/Output untuk melayani kebutuhan pada mesin.

ECM

IAT ( Intake Air Temperature Sensor )
Alat Intake Air Temperature Sensor (IAT) ini berfungsi untuk medeteksi suhu udara yang akan masuk ke intake manifold. dapat berpengaruh kepada "Air Fuel Ratio Correction" atau di sebut juga dan campuran BBM dengan udara.  dengan kata lain  volume bahan bakar yang di semprotkan injector ke intake manifold ini di pengaruhi oleh suhu udara yang akan masuk ke dalam intake manifold.
IAT
IAT Motor Vixion


TP ( Trottle Position Sensor )
Trottle Position berfungsi untuk mendeteksi derajat pembukaan Throttle Valve atau di sebut juga dengan skep gas yang akan berpengaruh terhadap beban maksimum /fuel load, Air fuel Rasio correction, Accelerasi dan juga Declerasi.
TP Injection
TP Motor Vixion

MAP ( Manifold Absolute Pressure )
Manifold Absolute Pressure ini bertujuan untuk mendeteksi kevakuman yang terjadi di bagian intake manifold.
MAP Injecti

BAS ( Bank Angle Sensor )
Bank Angle Sensor ini bertujuan untuk mematikan mesin pada saat mesin berada pada sudat kemiringan lebih dari 55,5 drajat. Bagian dari Bank Angle Sensor  akan berfungsi ketika sepeda motor mengalami benturan keras atau anda terjatu ketika berkendara, maka motor tersebut akan mati secara otomatis mesinnya, hal tersebut untuk menghindari mesin terbakar. ECM (Engine Control Module) akan mematikan daya listrik ke fuelpump serta mematikan/off engine electrical System. 
BAS Injecti

Engine Oil Temperature
Alat tersebut berfungsi untuk medeteksi panas oli yang berada di dalam mesin.
Gambar Engine Oil Temperature

Fungsi dari Injector yaitu untuk menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold untuk mebutuhan pembakaran pada ruang silinder.
Gambar Injector

Fuel Pump Injeksi/Pompa bensin
Fuel pamp berfungsi untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki motor ke dalam injector. Tekanan pada Pompa bensin tersebut sekitar 294kPa. untuk  Cara Kerja dari Fuel Pump sendiri sebagai pemompa minyak.

Gambar Fuel Pump

Skema Input dan Output dari ECM

Skema Input Output ECM
Pada komponen – komponen ini saling mensuport seperti yang telah di gamabrkan di atas yakni input dan output dari ECM.
Demikianlah informasi mengenai komponen – komponen mesin injeksi, Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahuinya. Trimakasih


 Komponen - Komponen Mesin Injeksi






Subscribe to receive free email updates: