Pengenalan Fungsi Fuel Pump Injection

Fuelpumatau adalah salah satu  dari komponen dalam sistem bahan bakar pada sebuah kendaraan atau mesin pembakaran dalamlainnya. dari beberapa mesin memang tidak  perlu menggunakan jenis pompa bahan bakar karena sudah dari desainnya dan dengan gravitasi, bahan bakar akan mengalir dengan sendirinya dalam sistem bahan bakarnya. dan sebagian mesin lainnya wajib menggunakan pompa guna untuk mengalirkan bahan bakar minyak dari tangki bahan bakar. untuk jenis kendaraan yang mesinnya menggunakan sistem karburator pada umumnya menggunakan pompa mekanis yang  bertekanan rendah dan terpasang di luar dari tangki bahan bakar, sedangkan mesin dengan injeksi bahan bakar minyak beberapa bagian masih memiliki 2 macam jenis pompa dalam sistem penyaluran bahan  bakar minyaknya.

Gambar Fuel Pump  Injection


Dan untuk menjaga agar tekanan bahan bakar yang akan di injeksikan tetap stabil maka pada Fuel Pump dilengkapi dengan komponen yang namanya Pressure Regulator , Presure Regulator berfungsi untuk mengontrol tekanan bahan bakar minyak serta mengirim kelebihan bahan bakar minyak balik ke tangki penampungan bensin tersebut.

Apa yang terjadi bila Fuelpump tidak bekerja atau tekanan Fuelpump kurang dari standart yang telah ditentukan otomatis Bila Fuelpump tidak bekerja maka dapat dipastikan motor tidak dapat dihidupkan ( mogok ) , karena bahan bakar tidak dapat di suplay ke Injector. . Ciri-ciri Fuelpump tidak bekerja adalah pada saat kunci kontak “ On “ tidak ada suara mendesing pada tangki bahan bakar

 Fungsi Fuel Pump  Injection


Bagaimana bila Tekanan Fuelpump tidak standart,  Biasanya efek yang ditimbulkan adalah motor “ mbrebet2 “ pada putaran mesin menengah ke atas , meskipun kadang2 pada putaran langsam mesin terasa normal tetapi bila putaran mesin di naikan secara spontan maka mesin akan “ tersengal-sengal “,

Ciri-ciri lain yang dapat dideteksi biasanya : motor susah dihidupkan , kemudian putaran mesin tidak stabil ( Rpm naik – turun / berayun-ayun dan sering mati ). semoga bermanfaat.





Subscribe to receive free email updates: