Pengenalan Motor Injeksi

Tentang Motor Injeksi Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Teknologi maju sekarang bukan sekedar pada perangkat elektronik saja akan tetapi sudah merambat  pada kendaraan bermotor dan salahsatunya adalah  sepeda motor masa kini. Rata-rata sekarang hampir semua sepeda motor yang ada pada saat ini sudah menggunakan sistem teknologi injeksi/fuel pump . Dan masih  banyak  teknologi-teknologi tercanggih yang ditanamkan pada kendaraan sepeda motor . Dalam sistem teknologi injeksi/fuelpump ini bukan hanya untuk  sepeda motor saja namu pada kendaraan  mobil sudah diterapkan.  Bagi anda  yang masih pemula dengan sebutan  injeksi dan bagaimana kelebihan serta cara penggunaan injeksi tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menutupi kekurangannya, berikut akan kita ulas dibawah ini.
Sering kita lihat tertera pada sepeda motor saat ini dengan singkatan FI (Fuel Injection) atau sering disebut dengan nama Injeksi yaitu suatu  cara pencampuran bahan bakar minyak dengan udara  pada kendaraan bermotor guna berfungsi menghasilkan pembakaran yang maksimal. Sebelum adanya sistem menggunakan injeksi ini sudah ada yang menggunakan sistem karburator. Untuk menjalakan sistem pembakaran bahan bakar pada kendaraan. Tugas injector yaitu bertugas untuk menyuplai campuran bahan bakar dengan udara/oksigen. Penggunaan sistem injeksi  merupakan suatu teknologi terbaru dalam sistem pembakaran setelah karburator pada kendaraan.

Cara Kerja Motor Injeksi

Pada Jenis sistem pembakaran pada motor yang menggunakan karburator pastinya kendaraan  akan memerlukan penyetelan/penyetingan secara tepat guna  mendapatkan hasil campuran antara bakan bakar dengan udara AFR (Air fuel ratio) yang optimal. Pada sistem pembakaran injeksi juga sudah terprogram secara komputer sehingga mendapatkan rasio AFR yang pass dan optimal.

AFR
Air fuel ratio atau disingkat dengan AFR ini harus benar-benar optimal dan sesuai pada sepeda motor injeksi, pada komponen injektor  harus mengandalkan suatu program komputer untuk dapat mengontrol AFR tersebut, perangkat yang dapat  digunakan guna  mengotrol kerja injektor disebut dengan  ECM (Electronik control module)
Electronic Control Module
Electronic Control Module (ECM) juga memiliki beberapa  pengaturan/settingan  serta kontrol yang sudah memiliki standard pabrikan . ECM itu sendiri dapat secara otomotis mengkontrol jumlah besaran bahan bakar serta  udara yang dibutuhkan pada saat motor sedang digunakan. Untuk tipe motor injeksi juga terdapat sebuah sensor udara, fungsi dari sensor inilah yang akan nantinya membantu komponen dari ECM dalam melakukan suatu kalkulasi AFT dengan  tepat  sesuai dengan kebutuhan mesin serta udara di sekitar mesin sepeda motor. Sebenarnya sistem dari injeksi ini juga mempunyai kemiripan dengan sistem karburator, sebab teknologi injeksi adalah penyempurnaan dari sistem karburator , kita bisa lihat pada video dibawah ini.

Kelebihan Menggunakan Motor Injeksi

Apasih kelebihan dari penggunaan motor sistem pembakaran injeksi ?
  1. Dalam proses pembakaran pada suatu kendaraan Sepeda Motor akan menjadi lebih maksimal/sempurna dibanding dengan sistem karburator, jika kita menggunakan karburator kita harus melakukan penyetingan/pengaturan Air Flow Ratio atau disingkat dengan AFR tujuanya pengaturannya adalah agar keluarnya bahan bakar dan udara harus seimbang, jika kita menggunakan sistem injeksi pasi sudah terkontrol langsung dengan perangkat-perangkat elektronik yang sudah bawaan pabrikan, dengan begitu sepeda motor yang sudah menggadopsi sistem teknologi injeksi ini akan bisa menghasilkan pembakaran yang jauh lebih sempurna dibanding dengan menggunakan sistem karburator. Tentu dengan ini  AFR yang sudah sesuai dengan kebutuhan pada sepedam motor  otomatis berubah jika terjadi perubahaan suhu udara di areal sekitar dikarena sensor udara yang akan menganalisa sehingga suhu dan kondisi udara  akan dicampur dengan bahan bakar tersebut. Konsumsi BBM Yang Lebih IritSeperti yang sudah banyak di bahas di blog blog atau referensi lain bahwa penggunakan teknologi injeksi ini akan menghembat bahan bakar karena memiliki pembakaran yang lebih sepurna . Pembakaran yang sempurna ini akan sangat berpengaruh pada bahan bakar yang digunakan. Selain dari itu juga komponen injector biasanya sudah dipasangi berupa setelan pemrograman yang sudah sesuai standard dari pabrikan. Pihak Pabrikan sendiri telah menyetel ECM pada motor yang sudah sesuai kebutuhan dan standard akan konsumsi bahan bakar yang di capai lebih optimal dan se irit mungkin.Tidak Harus Repot Repot Melakukan Settingan/PenyetelanPada sistem pembakaran yang menggunakan karburator tentunya anda harus melakukan penyetelan agar setelan AFR pass. selain itu jika menggunakan sistem pembakaran karburator biasanya sering terjadi perubahaan setelan AFR yang diakibatkan dari getaran getaran yang dihasilkan oleh mesin motor atau bisa juga kualitas karburator yang sudah semakin menurun karena usia pakai.Hal ini tentunya tidak akan terjadi pada sistem pembakaran yang sudah menggunakan teknologi injeksi , karena pengolahan AFR sudah di kontrol langsung oleh perintah komputer yang diberinama dengan singkatan ECM atau kepanjangan dari Electronic Control Module. ECM ini sudah memiliki setelan yang pass dan optimal sesuai dengan standard pabrik yang hanya akan bisa diubah apabila menggunakan software khusus pada komputer anda. Hal ini tentunya akan mengurangi kerepotan saat penyetelan karena injeksi sendiri tidak membutuhkan penyetelan yang ribet .Tidak Repot dan Susah dalam Melakukan Servis Mungkin anda sudah mengetahui apa saja yang dilakukan untuk melakukan servis rutin…? Dari sekian banyak yang harus dilakukan diantaranya yaitu membersihkan karburator , nah jika anda masih menggunakan sistem pembakaran menggunakan karburator maka hal ini tentunya tidak bisa di tinggalkan tapi jika sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi maka tidak perlu repot repot ,untuk membersihkan anda cukup menyemprotkan injector cleaner pada lubang busi dan selesai . Untuk pembersihnya sendiri anda bisa beli di toko/bengkel motor tempat anda tinggal.Kekurangan Menggunakan Motor Injeksi Masih Sedikit Bengkel yang bisa melakukan servic motor jenis injeksi.Beberapa kelebihan yang sudah saya sebutkan diatas tentunya semua benda atau alat apapun pasti memiliki kekurangan , nah salah satunya teknologi injeksi ini. Kekurangan pertama adalah belum terlalu banyak bengkel umum  yang mampu melakukan service sepeda motor jenis injeksi khususnya pada komponen injector yang sangat rentan bila salah penanganan.  selain membersihkan injeksi dengan injector cleaner, injector pada sepeda motor juga perlu  analisa kerusakan dengan sebuah alat khusus guna mengetahui kerusakan injector. Tentunya  semua bengkel  rata-rata belum memiliki alat yang dapat mendeteksi kerusakan tersebut. Harga Komponen tergolong lumayan mahal termasuk harga perangkat dan komponen sepeda motor jenis injeksi ini ,hal tersebut berlaku apa bila perangkat atau komponen mengalami kerusakan dan harus minta di ganti. Maka untuk biaya perbaikan atau penggantian tersebut akan menghabiskan uang yang ada di saku anda. 

Subscribe to receive free email updates: