Sistem Kerja Apar

APAR Sistem Tekanan/APAR Stored Pressure System



Sistem Kerja Apar
Tabung Pemadam Api atau sering disebut APAR yang dijual dipasaran ada dua jenis jika dilihat dari cara tabung menyemprotkan media pemadam. Ada yang menggunakan jenis Catridge System dan ada yang menggunakan jenis Stored Pressure System. Pada artikel Berikut akan kita bahas mengenai kekurangan dan kelebihan dari tabung pemadam api dengan sistem stored pressure.

Pada tabung jenis stored pressure Anda tidak akan melihat ada Catridge yang berisi gas, antara gas pendorong dan media dijadikan satu ke dalam tabung. mekanisme kerja pada tabung pemadam ini yaitu dengan  menggunakan  katup (buka / tutup).

Keunggulan menggunakan tabung pemadam jenis ini ialah dapat digunakan berkali-kali sehingga dapat lebih ekonomis dan tidak mubazir saat kita telah gunakan.Kemudian, karena menggunakan sistem katup, Stored Pressure System menonjolkan kemampuannya untuk dapat kita kontrol penggunaannya, seperti tekanan yang dikeluarkan dapat kita tentukan besar kecilnya melalui Handle. 

Sistem ini dilengkapi oleh alat pengukur tekanan supaya dapat memastikan apakah tabung berisi tekanan atau tidak. Sering-seringlah mengecek pengukurnya agar selalu berada di warna hijau agar bisa digunakan dengan baik.


APAR Sistem Catridge/APAR Catridge System


Sistem Kerja Apar
pada dasarnya tabung pemadam ini memiliki jenis yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang juga beragam. diantara keduanya ada tipe cartride pressure dan ada stored pressure. Bagi orang-orang yang belum mengenal alat proteksi kebakaran secara baik, kedua alat ini akan terlihat sama. 

Catridge system adalah tabung pemadam api yang tekanannya dimasukan pada tempat yang berbeda (cartridge) dengan media pemadamnya, atau dengan kata lain cartridge terletak diluar tabung. 

Anda bisa melihat bahwa Gas Catridge-nya (biasanya Carbon Dioksida CO2) berada ditempat yang berbeda dengan media pemadamnya yang berupa bahan kimia kering (Dry Chemical). 

Cara kerja dari Catridge System ini ialah dengan merobek membran catridge sehingga gas bisa mengalir masuk ke dalam tabung pemadam. Karena terdapat gas yang terlepas dan  masuk ke dalam tabung pemadam, menyebabkan media kimia (Dry Chemical) tertekan menuju selang agar bisa digunakan untuk memadamkan api.

Jika Anda memilih untuk membeli tabung berjenis Catridge System ini maka berbagai manfaat bisa Anda dapatkan Anda dapat dengan mudah mengisi ulang. Selain itu, karena gas pendorong  dan media-nya tidak ditempatkan dalam satu tabung sehingga penggumpalan media tidak akan terjadi.
Walaupun memberikan kemudahan terhadap mengisi ulang Catridge System, tabung pemadam api jenis ini memiliki beberapa kelemahan, diantaranya tekanan dalam tabung tidak bisa dipastikan karena tidak adanya alat pengukur tekanan. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan jangan sampai tersentak.



Subscribe to receive free email updates: