TUGAS DAN FUNGSI BERDASARKAN STRUKTUR REGU

Dalam Melaksanakan tugas berdasarkan struktur regu sangat perlu dilakukan secara SOP dikarenakan, supaya setiap pimpinan maupun anggota memahammi tugas pokok bila terjadi suatu kejadian, karena untuk menyusun anggota bila terjadi kebakaran sangat memakan banyak waktu untuk briefing. Berikut Tugas Pokok Berdasarkan Struktur :

Melaksanakan tugas sebagai Komandan Regu
Tahapan :
  1. Memimpin dan memberikan arahan pada apel pagi dan briefing regu
  2. Mengendalikan situasi dan kondisi sumber daya unit kerja selama melaksanakan tugas siaga 24 jam
  3. Menjamin efektifitas ketaatan personil regu terhadap aturan dan kebijakan pimpinan di unit kerja
  4. Melakukan koordinasi dengan anggota regu maupun pimpinan terhadap pelaksanaan kegiatan pokok dan tambahan
  5. Melakukan pengecekan dan pelaksanaan K3 sesuai ketetapan pimpinan
  6. Melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan dan peralatan lain yang menjadi tanggungjawabnya
  7. Memberikan informasi secara bertanggungjawab kepada personil piket pengganti terhadap pelaksanaan tugas yang ditetapkan
  8. Melaporkan hasil tugasnya kepada atasan sebelum lepas piket
  9. Melaksanakan tugas tambahan lain yang diberikan pimpinan
  10. Ikut serta melakukan penanggulangan kejadian kebakaran dan bencana lain, jika diperlukan
  11. Menjaga kondisi fisik agar tetap prima selama melaksanakan tugas 24 jam

Melaksanakan tugas sebagai Wakil Komandan Regu
Tahapan :
  1. Memimpin dan memberikan arahan pada apel pagi dan briefing regu apabila Danru tidak ditempat
  2. Mengendalikan situasi dan kondisi sumber daya unit kerja selama melaksanakan tugas siaga 24 jam apabila Danru tidak ditempat
  3. Menjamin efektifitas ketaatan terhadap aturan dan kebijakan pimpinan di unit kerja apabila Danru tidak ditempat
  4. Melakukan koordinasi dengan anggota regu maupun pimpinan terhadap pelaksanaan kegiatan pokok dan tambahan
  5. Melakukan pengecekan dan pelaksanaan K3 sesuai ketetapan pimpinan
  6. Melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan dan peralatan lain yang menjadi tanggungjawabnya
  7. Memberikan informasi secara bertanggungjawab kepada personil piket pengganti terhadap pelaksanaan tugas yang ditetapkan
  8. Melaksanakan tugas tambahan lain yang diberikan pimpinan
  9. Ikut serta melakukan penanggulangan kejadian kebakaran dan bencana lain, jika diperlukan
  10. Menjaga kondisi fisik agar tetap prima selama melaksanakan tugas 24 jam

Melaksanakan tugas sebagai Provost Regu
Tahapan :
  1. Menjamin keamanan dan ketertiban di lingkungan Kantor selama siaga 24 jam
  2. Menciptakan penegakan disiplin dan pemberian sanksi di internal regu maupun unit kerja secara tegas dan bertanggungjawab
  3. Melakukan pengamanan lokasi kejadian dan sumber daya yang ada selama proses penanggulangan kebakaran dan bencana lain
  4. Melakukan koordinasi dengan pihak berwenang lainnya jika diperlukan selama penanggulangan kejadian
  5. Ikut serta melakukan penanggulangan kejadian kebakaran dan bencana lain, jika diperlukan
  6. Melaksanakan tugas dan wewenang Danru atau Wadanru, apabila ybs tidak ada
  7. Melaksanakan tugas tambahan lain yang diberikan pimpinan
  8. Menjaga kondisi fisik agar tetap prima selama melaksanakan tugas 24 jam

Melaksanakan tugas sebagai Anggota Regu pada UPTD Pemadam Kebakaran
Tahapan :
  1. Melakukan pengecekan rutin terhadap tugas - tugas yang diberikan (K3, pemegang unit, pemegang peralatan mesin) setiap melaksanakan piket 24 jam
  2. Menjaga dan merawat perlengkapan personil yang diterima dengan baik, benar dan bertanggungjawab
  3. Mentaati ketentuan disiplin bagi pegawai negeri sipil, tata tertib Damkar, tugas dan wewenang Danket serta standar operasional prosedur penanggulangan kebakaran atau bencana lainnya
  4. Menjaga kondisi fisik agar tetap prima selama melaksanakan tugas 24 jam
  5. Menginformasikan ketidakhadiran kepada Danru, Danket atau Pimpinan
  6. Melaksanakan tugas yang diberikan dengan sungguh - sungguh dan bertanggungjawab
  7. Memberikan masukan dan saran baik diminta ataupun tidak diminta secara proporsional dan bertanggungjawab
  8. Melaksanakan tugas tambahan lain yang diberikan pimpinan

BERDASARKAN STRUKTUR KOMANDO DAN FUNGSI PENANGGULANGAN DI LAPANGAN:
Melaksanakan tugas sebagai IC selama proses penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya
Tahapan :
  1. Memberikan perintah dan mengendalikan pergerakan Tim, serta penggunaan peralatan selama proses penanggulangan kebakaran dan bencana lain
  2. Melakukan penelitian situasi dan kondisi secara cepat, tepat dan akurat pada saat tiba di lokasi kejadian
  3. Mencari informasi secepat mungkin terhadap kemungkinan adanya korban dan/atau ada tidaknya aliran listrik sebelum dilakukan pergerakan pemadaman
  4. Memberikan perintah kepada fighter, helper maupun operator selama proses penanggulangan kejadian
  5. Melakukan pengecekan personil dan peralatan setelah proses penanggulangan selesai dilaksanakan
  6. Mengendalikan sumber daya selama proses perjalanan kembali menuju MAKO
  7. Menjamin akurasi data atas objek yang terkena kebakaran atau bencana lainnya
  8. Melakukan koordinasi dengan pihak berwenang lainnya jika diperlukan
  9. Melakukan komunikasi secara periodik dengan DANKET
  10. Berwenang memutuskan suatu hal pada kondisi tanggap darurat dilapangan

Melaksanakan tugas sebagai Penyerang/Fighter selama proses penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya
Tahapan :
  1. Menggelar selang dan mempersiapkan nozzle secara cepat dan tepat di lokasi kejadian
  2. Melakukan serangan maju kedepan atau kesamping untuk mengurung penjalaran api dari 2 (dua) arah yang berbeda atau melakukan pemadaman langsung menuju titik api secara cepat dan tepat, serta efisien dalam mempergunakan air sesuai perhitungan
  3. Melakukan (overhault) secara sigap terhadap area kebakaran dan/atau area tertentu yang dianggap membahayakan
  4. Melakukan komunikasi radio dengan IC maupun operator selama proses penanggulangan kebakaran atau bencana lainnya
  5. Merapikan kembali peralatan yang dipergunakan untuk kemudian ditempatkan kembali ketempat semula
  6. Menyampaikan laporan terhadap situasi dan kondisi apapun kepada IC jika dipandang perlu atau membahayakan

Melaksanakan tugas sebagai Tenaga Bantuan/Helper selama proses penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya
Tahapan :
  1. Membantu memudahkan pergerakan fighter dalam menggelar selang dan peralatan lainnya secara sigap
  2. Melakukan upaya masuk secara paksa ke dalam ruangan atau membuat ventilasi sebagai upaya memindahkan panas, asap dan gas lainnya, apabila dinilai efektif, efisien dan aman
  3. Memudahkan upaya (overhault) fighter secara sigap terhadap area kebakaran dan/atau area tertentu yang dianggap membahayakan
  4. Mengambil dokumentasi dengan benar sesuai kebutuhan
  5. Menjaga keamanan fighter dan peralatan yang dipergunakan selama penanggulangan kebakaran atau bencana lainnya
  6. melakukan pengecekan kembali terhadap peralatan yang dipergunakan selama penanggulangan kebakaran atau bencana lainnya
  7. Memberi peringatan kepada pengendara lain agar tidak menghalangi jalan dan dapat membongkar paksa pembatas / portal jalan ataupun kaca kendaraan lain yang menghalangi jalan

Melaksanakan tugas sebagai Pengemudi/Operator selama proses penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya
Tahapan :
  1. Melakukan pengendalian kendaraan operasional selama diperjalanan dengan ketentuan  seperti dapat menerobos lampu merah, membawa unit ke jalur jalan yang berlawanan arah, menyalip kendaraan lain yang tidak mengindahkan peringatan
  2. Membawa kendaraan lebih awal ke lokasi kejadian, untuk melaksanakan serangan menggunakan water canon
  3. Melakukan komunikasi radio dengan IC maupun fighter selama proses penanggulangan kebakaran atau bencana lainnya
  4. Mengatur tekanan air sesuai kebutuhan dan permintaan fighter atau IC
  5. Memposisikan unit kendaraan operasional damkar sebagai unit water supply untuk unit lainnya
  6. Memposisikan kendaraan menjadi unit serangan standby dengan 2 (dua) set selang dan nozzle
  7. Menjamin ketersediaan air selama proses penanggulangan dengan kesigapan melakukan pengisian ulang pada sumber air terdekat
  8. Mengoperasikan sirine dan lampu rotari / manual AUX, lampu emergency, serta laju kendaraan sesuai prosedur tetap

BERDASARKAN PROGRAM KEGIATAN RUTIN PELAYANAN :
Membantu pimpinan dalam menyelenggarakan program kegiatan rutin sebagai personil Tim sosialisasi dan pelatihan
Tahapan :
  1. Menerima dan meneliti surat masuk perihal permohonan untuk sosialisasi atau pelatihan dari pihak ketiga
  2. Menyampaikan surat masuk kepada Piket Komando untuk dicatat dalam buku registrasi surat masuk
  3. Mempersiapkan proposal pelatihan sesuai dengan surat permohonan yang disampaikan
  4. Menyampaikan proposal sekaligus berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk mempersiapkan kebutuhan bahan dan lokasi pelatihan
  5. Memberikan sosialisasi dan pelatihan secara tepat dan proporsional kepada semua peserta
  6. Menjamin kelancaran dan keamanan / safety peserta selama melaksanakan praktek simulasi
  7. Menjamin ketersediaan bahan - bahan kebutuhan latihan praktek bagi peserta
  8. Merekam data - data dan dokumentasi selama pelaksanaan peatihan sesuai kebutuhan
  9. Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan
  10. Membuat sertifikat atau surat keterangan mengikuti pelatihan bagi peserta

Membantu pimpinan dalam menyelenggarakan program kegiatan rutin sebagai personil Tim Pemeriksaan Alat Proteksi Kebakaran
Tahapan :
  1. Mempersiapkan peralatan dan kelengkapan yang dibutuhkan
  2. Menginformasikan lokasi yang akan dperiksa kepada Danket atau atasan
  3. berkomunikasi dengan radio secara periodik dengan Dangan keterangan mulai dari keberangkatan hingga sampai dengan kembali ke Markas Komando
  4. Melakukan pemeriksaan alat proteksi atas titik - titik penempatan sesuai ketentuan peraturan perundang - undangan
  5. Melakukan penelitian atas kualitas dan kuantitas alat proteksi yang dimiliki dengan luas lokasi sesuai ketentuan yang berlaku
  6. Mencatat dan mendata serta mendokumentasikan seluruh hasil pemeriksaan alat proteksi sebagaimana syarat pada lembaran acara hasil pemeriksaan
  7. Memberikan arahan dan informasi kepada Penanggungjawab lokasi terhadap kesesuaian, kelebihan maupun kekurangan alat proteksi yang terdapat di lokasi
  8. Menyampaikan berita acara untuk ditandatangani pihak penanggungjawab
  9. Menyampaikan berita acara untuk ditandatangani pimpinan
  10. Mendistribusikan berita acara yang sudah dilegalisasi unit kerja

Membantu pimpinan dalam menyelenggarakan program kegiatan rutin sebagai personil Tim Monitoring
Tahapan :
  1. Mempersiapkan peralatan dan kelengkapan yang dibutuhkan
  2. Menginformasikan lokasi atau wilayah yang akan dipantau kepada Danket atau atasan
  3. Melakukan komunikasi radio HT secara periodik dengan Dengan keterangan mulai dari keberangkatan hingga sampai dengan kembali ke markas komando
  4. Melakukan perjalanan menelusuri lokasi
  5. Melakukan penelitian situasi dan kondisi tingkat potensi rawan kebakaran dan tingkat hambatan penanggulangan kebakaran di lokasi
  6. Mencatat, mendata dan mendokumentasikan hasil penelitian situasi dan kondisi faktual di lokasi
  7. Melakukan dialog dan memberi arahan kepada masyarakat atau pimpinan setempat
  8. Menyebarkan bahan sosialisasi kepada warga yang ditemui
  9. Melakukan evaluasi di internal regu sebagai bahan rujukan kesiapan tanggap darurat regu
  10. Membuat laporan

Membantu pimpinan dalam menyelenggarakan program kegiatan rutin sebagai personil Tim Patroli Rutin Wilayah Kota Cimahi
Tahapan :
  1. Mempersiapkan peralatan dan kelengkapan yang dibutuhkan
  2. Menetapkan jadual dan jalur patroli rutin wilayah Kota Cimahi
  3. Melakukan patroli rutin wilayah sesuai jalur lalu lintas yang ditetapkan
  4. Melakukan komunikasi radio secara periodik dengan Danket mengenai situasi dan kondisi selama patroli
  5. Melakukan upaya tanggap darurat penanggulangan kebakaran atau bencana lainnya secara langsung atau berdasarkan arahan dari piket komando
  6. Mencatat, mendata dan mendokumentasikan kegiatan patroli secara proporsional
  7. Melakukan evaluasi di internal regu atas hasil patroli yang dilaksanakan
  8. Membuat laporan hasil patroli

BERDASARKAN TUGAS PEMBANTU PPTK :
Melaksanakan tugas fungsional sebagai pelaksana teknis kegiatan :
Tahapan :
  1. Menyusun dan merancang KUA PPAS anggaran murni dan perubahan
  2. Membuat rencana kerja dan anggaran untuk tahun berikutnya
  3. Membuat rencana kerja dan anggaran perubahan tahun berjalan
  4. Menyusun dan membuat kontrak - kontrak kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku
  5. Melakukan konsultasi dan koordinasi dengan unit - unit terkait selama penyusunan rencana anggaran dan kegiatan
  6. Melakukan survey harga dan bahan yang berkaitan dengan kegiatan
  7. Mengumpulkan dan menghimpun bukti - bukti pembelanjaan sesuai ketentuan yang berlaku
  8. Melakukan rekapitulasi atas belanja yang sudah dilaksanakan secara periodik
  9. Menjamin kualitas fisik hasil pekerjaan dan belanja secara bertanggungjawab
  10. Menginventarisir dan mengarsipkan kontrak - kontrak kegiatan secara tertib dan aman

Melaksanakan tugas fungsional sebagai pelaksana administrasi pada UPTD Pemadam Kebakaran
Tahapan:
  1. Menerima dan mencatat surat - surat secara tepat
  2. Menyampaikan informasi surat - surat kepada piket komando
  3. Melakukan pengecekan/peninjauan lapangan terhadap surat yang memerlukan bukti hasil pantauan lapangan/lokasi
  4. Membuat/mengetik konsep surat - surat keluar dan bentuk format lainnya
  5. Membuat konsep gambar instalasi, site plan dan gambar kebutuhan lainnya
  6. Melakukan registrasi penomoran surat - surat keluar secara tertib dan tepat
  7. Mendistribusikan surat - surat dilengkapi dengan expedisi penerima sesuai format baku
  8. Mencatat jadual atau informasi penting pada papan yang tersedia
  9. Menjamin ketersediaan data potensi yang dimiliki unit kerja secara faktual
  10. Melaksanakan tugas tambahan lain yang diberikan pimpinan
  11. Memberikan informasi data dan hal lain secara bertanggungjawab
  12. Menginventarisir data - data secara faktual (up date)

BERDASARKAN FUNGSI RUTIN PIKET 24 JAM :
Melaksanakan tugas  Piket selama 24 jam sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan
Tahapan :
  1. Melakukan serah terima dan tanggung jawab lengkap yang dibebankan kepada piket komando sebelumnya kepada piket komando penggantinya
  2. Meminta informasi (untuk dicatat awal) kepada setiap personil piket atas hasil pengecekan dan/atau pengujian atas semua tanggung jawab dari piket sebelumnya
  3. Melakukan kontrol rutin minimal 3 (tiga) kali terhadap kondisi keamanan, kebersihan, keindahan dan ketertiban lingkungan kontor antara pukul 08.00 WIB s/d 21.00 WIB
  4. Melakukan pengecekan kelengkapan pakaian dinas personil piket pengganti yang disiagakan
  5. Melaksanakan tugas sebagai operator telepon, radio dan sebagai penerima tamu mulai pukul 08.00 WIB s/d 21.00 WIB
  6. Menerima dan mendistribusikan hasil kegiatan administrasi perkantoran kepada Kasubbag. Tata Usaha
  7. Menulis jadwal kegiatan pada whiteboard berdasarkan petunjuk pimpinan
  8. Mengatur, mengendalikan dan mencatat semua kegiatan damkar dan penggunaan anggaran operasional
  9. Wajib memberikan informasi dan teguran lisan kepada personil lain atas hal-hal yang wajib dilakukan sesuai ketentuan tata tertib damkar
  10. Mengawasi dan mengendalikan penggunaan jalur HT, khususnya pada saat berlangsungnya penangganan kejadian, serta melakukan pengecekan situasi dan kondisi wilayah melalui pemegang HT pada pukul 21.00 WIB
  11. Menghubungi personil lepas piket setelah mendapatkan petunjuk dari penanggungjawab berjenjang, apabila penanganan kejadian memerlukan tambahan personil
  12. Menunjuk 1 ( satu ) orang personil regu sebagai pengganti sementara tugas piket, apabila akan melaksanakan kegiatan lain baik yang ditugaskan oleh pimpinan maupun untuk hal penting lainnya
  13. Menginformasikan setiap kejadian dan kegiatan yang bersifat urgent lainnya kepada pimpinan
  14. Berwenang untuk mengatur dan meminta personil damkar dalam menyelesaikan pekerjaan dinas tertentu apabila dipandang perlu
  15. Siap menerima sanksi berat apabila lalai dalam menjalankan piket komando

Melaksanakan tugas sebagai operator komputer pada UPTD Pemadam Kebakaran
Tahapan :
  1. Mempersiapkan perangkat komputer dan perlengkapannya untuk dioperasikan
  2. Menjaga kebersihan komputer dan ruangan
  3. Mempelajari seluruh tugas dan petunjuk kerja yang diberikan oleh atasan secara saksama agar terhindar dari kesalahan prosedur kerja.
  4. kekeliruan dalam pelaksanaannya
  5. Menghidupkan komputer dan peralatan lainnya sesuai prosedur sehingga komputer siap digunakan
  6. Memasukkan dan mengeluarkan data sesuai prosedur agar terselesainya olahan data yang dibutuhkan
  7. Mengoreksi hasil  data sesuai dengan konsep yang diberikan atasan untuk dapat menemukan kesalahan yang terjadi guna perbaikan kedepan.
  8. Memberi nama/kode file pada komputer untuk memudahkan penemuan kembali apabila diperlukan
  9. Memelihara software dan hardware komputer serta memperbaiki kerusakan sesuai prosedur agar komputer selalu
  10. dalam keadaan siap pakai
  11. Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas baik secara lisan maupun tertulis kepada atasan untuk memberikan
  12. gambaran akhir pelaksanaan tugas

Melaksanakan tugas sebagai Teknisi/mekanik pada UPTD Pemadam Kebakaran
Tahapan :
  1. Melakukan pengecekan kondisi kendaraan dan peralatan mesin yang terdapat dalam laporan tertulis personil piket lepas
  2. Melakukan penelitian terhadap kondisi kendaraan atau peralatan mesin yang perlu diperbaiki
  3. Menyampaikan kesimpulan Tim mekanik atas kerusakan kendaraan atau peralatan mesin kepada Danket atau pimpinan
  4. Membuat estimasi dan perkiraan kebutuhan untuk memperbaiki kendaraan atau peralatan mesin lainnya
  5. Mempersiapkan bahan dan kebutuhan perbaikan kerusakan kendaraan ata peralatan mesin lainnya
  6. Mengagendakan waktu dan keperluan lainnya dalam rangka perbaikan kendaraan atau peralatan mesin lainnya
  7. Melaksanakan perbaikan kendaraan atau peralatan mesin lainnya berkoordinasi dengan Danket sesuai waktu yang ditetapkan
  8. Menjamin kesiapan dan keberfungsian kendaraan atau peralatan mesin lainnya secara menyeluruh
  9. Mencatat dan mengumpulkan bukti pembelanjaan bahan yang dipergunakan untuk memperbaiki kendaraan atau peralatan mesin lainnya
  10. Melakukan up dating data perbaikan kendaraan atau peralatan mesin lainnya secara akurat
  11. Melaksanakan tugas tambahan lain yang diberikan pimpinan
  12. Ikut serta melakukan penanggulangan kejadian kebakaran dan bencana lain, jika diperlukan
  13. Menjaga kondisi fisik agar tetap prima selama melaksanakan tugas 24 jam

Melaksanakan ketentuan-ketentuan yang berlaku di lingkungan kerja
Tahapan :
  1. Melaksanakan tugas piket selama 1x24 jam dari pukul 07.30 WIB s.d 07.30 WIB pada hari berikutnya
  2. Menggunakan pakaian Fire Jacket lengkap saat apel pagi, pada hari kerja (senin – jum’at) menggunakan kaos & celana fire jacket mulai pukul 07.30 WIB s.d 16.00 WIB
  3. bertanggung jawab penuh atas segala kondisi, kelengkapan peralatan dan kesiapan kendaraan pada saat piket maupun pada saat diserahterimakan kepada piket pengganti
  4.  Merepresentasikan segala kondisi kendaraan kedalam kartu kendali kendaraan yang tersedia
  5. Melakukan pengecekan dan pengujian terhadap validasi kartu kendali yang telah diisi oleh piket sebelumnya
Melakukan serah terima tanggung jawab personil piket kepada piket pengganti dilakukan setelah pelaksanaan apel pagi dan/atau maksimal pada pukul 08.00 WIB

sumber damkar.cimahikota.go.id



Subscribe to receive free email updates: