Bank Indonesia - Review

Fungsi Bank Indonesia
Bank Indonesia atau disingkat dengan BI adalah salah satu sentral bank terbesar juga di Indonesia, Bank Indonesia di dirikan pada tahun 1 Juli 1953 pasca kemerdekaan Republik Indonesia oleh MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat).  Pada jaman penjajahan Indonesia masih bernama Hindia-Belanda dan Bank BI dulunya adalah De Javasche Bank.

Meskipun Bank Indonesia ini memakai nama negara Indonesia bukan berarti Bank ini milik dari Pemerintahan indonesia, karena Bank Sentral Indonesia ini merupakan salah satu Lembaga Negara yang berdiri sendiri atau sering disebut “Independen”.
Tujuan Bank Indonesia ini adalah untuk menjaga kestabilan mata uang rupiah dan menjaga nilai tukar mata uang luar terhadap nilai tukar rupiah.

Fungsi dari Bank Indonesia sangat banyak dan memiliki peran penting dalam mengelola kestabilan mata uang rupiah terhadap mata uang luar, untuk informasi tentang tugas dari Bank Indonesia bisa kita akses langsung ke : https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/fungsi-bi

Ada tugas pokok yang dipengang oleh Bank Indonesia ini atau 3 Pilar Utama :

1. Betugas untuk menetapkan dan melakukan kebijakan Moneter
2. Mengatur serta menjaga kelancaran proses pembayaran
3. Dan menjaga kestabilan keuangan.

Bank Indonesia ini tidak sama hal nya dengan Bank-Bank lainya yang ada di Indonesia seperti Bank  Mandiri, Bank BRI, Bank BCA dan lainya yang fungsinya untuk menabung, meminjam serta asuransi, karena Bank memiliki tugas dan tanggung jawab pada nilai kestabilan mata uang rupiah dan tugas lainya.
Jadi kita jangan terpikir untuk membuka rekening di Bank Indonesia ini ya, Kantor Pusat Bank Indonesia berada di Jakarta, dan cabang-cabangnya biasanya berada di ibu kota provinsi saja.

Seperti kita mendengar cerita orang tua jaman dulu, kalau uang yang koyak bisa di tukar di Bank Indonesia dan memang benar kita juga dapat menukarkan uang yang sobek/cacat ke Bank Indonesia untuk diganti dengan yang baru.

Begitulah ulasan singkat tentang Bank Indonesia kurang lebihnya kita dapat langsung mengakses ke situs Bank Indonesia langsung untuk mendapatkan informasi yang akurat, terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: