Rincian Pernikahan Adat Batak Mahal ? tidak segitu juga, ini Hanya Opini Saja !

Adat batak

Maraknya kalkulasi biaya pernikahan adat Batak, banyak yang mempertanyakan masalah besaran biasa tersebut bila ingin mengadakan resepsi pernikahan secara adat Batak terutama Batak Toba.

Sebenarnya masih banyak yang lebih mahal biaya adat pernikahannya selain suku Batak, biaya tersebut banyak bukan untuk keuntungan pihak perempuan atau pihak lelaki akan tetapi kebutuhan kedua belah pihak.

Seperti yang disampaikan Tiop Hatoguan Sinaga sala satu pemuka adat, lewat tulisan poto diatas itu sudah dilebih-lebihkan, apakah dia sudah survei langsung atau dia yang langsung mengalami ?

Untuk penjelasan yang disampaikan THS, setiap poin-poin itu berbeda dengan kenyataan dan bisa juga lebih atau kurang dari biaya tertera, karena ekonomi orang berbeda-beda.

1. Sinamot atau mahar, itu tergantung kedua belah pihak bisa diatas 25 juta bahkan bisa dibawah 5 juta, tergantung kesepakatan bersama, hal ini juga berlaku untuk suku lain dalam resepsi pernikahan.

2. Ulos untuk kedua Keluarga, saya belum pernah dengar hal ini, didalam pernikahan adat Batak, mungkin yang buat ini asal-asalan atau sekedar sensasi.

Dalam pernikahan adat Batak yang menerima ulos itu pihak lelaki (paranak) dengan ulos passamot dan ulos hela (untuk pengantin pria), dan ulos itu dibeli oleh pihak perempuan meskipun menggunakan uang sinamot tetap itu adalah uang pihak perempuan.

3. Sewa gedung dan Dekorasi, kalau berbicara dikota yang sempit pekarangan mungkin saja, bila halamannya luas atau masih di pedesaan saya rasa tidak perlu sewa gedung.

4. Cetak undangan, sebenarnya nominal diatas itu sudah terlalu besar, undangan sederhana 100 lembar tidak nyampai nominal jutaan, kecuali undangan motiv elit.

Di sistem batak, undangan pernikahan lebih sopan secara langsung dibandingkan dengan selembaran undangan, tetapi tidak menutup kemungkinan bila kita tinggal di kota, atau tamu dari kampung lain.

Biasanya bilapun undangan dari kampung lain, sudah ada perwakilan marga dari pihak lelaki dan perempuan yang mengundang secara langsung.

5. Souvenir/tanda mata, itu tidak diwajibkan kok dalam adat Batak, Dan itu sangat jarang ditemui ketika pesta pernikahan adat Batak.

Didalam proses berjalannya pernikahan adat Batak, hanya memberikan amplop berisi uang kepada tamu yang memberikan ulos atau kain dan kado sebagai tanda. Kalau isi bervariasi.

Dan untuk catering, biaya itu tergantung harga bumbu, daging, dan timbangan daging yang dibutuhkan, kalau dikota masih menggunakan jasa catering tetapi kalau dipedesaan atau semikota biasa dimasak sendiri dan dibantu serikat tolong menolong (STM)

6. Dalam dokumentasi baik foto, video shooting dan musik itu sepaket biasanya, tidak tau kalu ditempat lain, dan harga paket itu paling tinggi 5 s.d 6 juta, bukan asumsi seperti poto diatas.

7. Poin 7,8 dan 9 itu tergantung Keluarga pihak lelaki serta kedua pengantin.

10. Raja Parhata/Parsinabung biaya diatas itu asumsi dia saja, dalam adat Batak upah Parhata atau sirambe manis itu harus kesepakatan kedua belah pihak keluarga penggantin, ada yang 3:1 2:1 yang artinya :
- 3:1 bila pihak keluarga lelaki memberikan 600 ribu maka pihak perempuan memberikan 200 ribu jadi total diterima Parhata 800 ribu.
-2:1 sama halnya dengan 3:1, bila pihak lelaki memberikan 600 ribu maka pihak perempuan setengai yaitu 300 ribu jadi yang di terima Parhata 900 ribu.

Jadi itu tergantung pihak keluarga.

11. Biaya entertainment itu uda sepaket dokumentasi.

12. Biaya adat memang agak mahal bisa diatas 10 s.d 20 juta tapi dengan ketentuan, biaya tersebut biasanya akan kembali lagi kepada pihak lelaki melalui tumpak baik amplop maupun beras. Karena untuk mengundang itu harus ada ingot-ingot (ingat-ingat).

13. Ini asumsi dia saja, sebelum pesta diadakan tentunya sudah dirancang oleh orang tua dikampung dan sudah dipersiapkan jauh hari, jadi bilapun ada uang lain-lain palingan di angka 1 juta an.

Perlu diketahui, biaya Besaran diatas yang saya rangkum untuk prosesi pernikahan adat Batak kisaran 80 an juta sudah mewah. Itu tergantung ekonomi keluarga pria, kalau kalangan menengah tidak dipaksakan mewah-mewah paling habis 50 juataan.

Tapi jangan takut biaya tersebut tidak semuanya hangus untuk biaya adat, uang tersebut akan kembali entah seberapa dari olop-olop, Tumpak, beras, ulos, bila rejeki bisa pulang sampai lebih dari setengah uang yang telah keluar.

Artinya, bila total biaya habis 80 jutaan hasil tumpak ditambah beras dan ulos biasa dijual bisa mencapai 40 juta.

Banyaknya opini orang kalau mau menikah di suku batak mahal, dibatak juga ada kok seperti suku orang lainnya hanya di KUA.

Di suku Batak juga ada kok namanya pemberkatan, yang hanya dilakukan pernikahan di dalam gereja dengan kedua belah pihak pengantin dan saksi-saksi, yang sahkan oleh Pendeta langsung.

Biaya yang dikeluarkan tentu sedikit tidak sampai 5 jutaan bila ingin sederhana,

Jadi jangan Beropini yang nggak-nggak, semua biaya adat pernikahan itu mahal tidak ada yang murah, baik di suku Batak, Jawa, Melayu, Minang, Sunda, Dayak, Toraja, Nias, dll semua mahal, jadi jangan berasumsi demikian.

Semua orang mendambakan acara pernikahan yang mewah dan ramai, dan gaun penggantin yang Wah... Bila saja gengsimu tidak setinggi ekonomi mu mungkin bisa diporsir. Tidak usah berkata nagapain nikah mahal-mahal ! Nikah itu tidak mahal resepsi yang mahal












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rincian Pernikahan Adat Batak Mahal ? tidak segitu juga, ini Hanya Opini Saja !"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan dewasa sesuai dengan akhlak anda, tunjukkan tata bahasa anda sesuai ajaran agama anda. Terimakasih

Popular Posts