Pemikiran Analogi Yang Salah | Sosmed

Banyak sekarang kasus contoh soal yang mengasa otak bertaburan di media sosial, namun dalam hal ini banyak dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang ingin mencari keuntungan dari soal-soal yang mengajak para netizen untuk menjawab soal tersebut.

Kok mencari keuntungan ? iya mereka memang sengaja untuk menarik perhatian para netizen untuk respon pada postingan yang di buat oleh TS (Thread Starter) karena itulah tujuan mereka agar para netizen berkumpul untuk mengomentari serta menlike status tersebut.

Biasanya ini dilakukan para olshop yang mencoba menawarkan  produknya di media sosial, jaman sekarang kan rata-rata teman sekolah, sekampung bahkan teman sendiri enggan untuk memberikan Like atau komentar terhadap status TS yang bersifat Olshop mereka seakan-akan tidak melihat status tersebut bila muncul diberanda mereka.

Ini contoh nyata, bila kita perhatikan teman-teman kita yang berkecimpung didunia olshop pasti rata-rata like dan komen pada status teman kita sepi bukan, berbeda bila dia memposting tentang perjalanan traveling, kisah, ataupun momen sedih dan kebahagian pasti teman-temanya akan respect melihat status tersebut. 

"Saya disini tidak ada untuk membandingkan atau mendeskreditkan pihak manapun, karena itu adalah usaha mereka dan rejeki mereka"

Pada suatu kasus yang saya temukan pada media sosial fb ada keunikan dan kontroversi pada penalaran masing-masing yang memberikan jawaban termasuk juga ketidak tahuan TS terhadap logika mate-matikanya yang di buat.


Contoh Kasus :

ini adalah contoh ketidak tahuan TS dalam mengamsumsikan matematika logikanya sendiri, menurut saya TS hanya melakukan copas (Copy Paste) dari halaman atau status facebook orang lain saja tanpa memahami cara menjawabnya.

"Sejauh mana sih kamu melek matemateika ? ayuk komen"  pada judul status tersebut bisa diartikan berati ini adalah sebuah matematika yang harus dipecahkan.

ini sebenarnya sudah ada dari dari tahun 2017 dan sudah banyak yang memecahkan soal ini, karena ini termasuk matematika analogi mungkin akan berpengaruh pada teks pertanyaan pembukanya, lain pertanyaan pasti lain pula jawabannya.

TS membuat pertanyaan "Temukan Hasil Yang Benar" dari kalimat ini kita sudah paham apa tujuan pertanyaan soal tersebut, memang ilmu matematika adalah ilmu tepat/pasti, tetapi matematika itu memiliki pola dan cara hitung yang berbeda-beda meskipun hasilnya tetap sama.

1+4=5 ini adalah salah satu contoh penjumlahan yang hasilnya adalah 5 ini memang tepat jawabannya, namun apakah 2+5=12 salah ? saya mengatakan 2+5=12 itu benar karena memiliki proses atau jalan penjumlahan yang berbeda dengan 2+5=7, saya mengatakan benar karena suatu matematika memiliki jalan untuk mendapatkan hasilnya 2+5=12 jalanya 2+(2x5)=12 apakah ini salah menurut anda ? kita beranggapan ini salah karena kita tidak terbiasa dengan cara penjumlahannya yang membuat kita beranggapan ini salah.

Namun hal yang menarik  dalam soal ini adalah ketidak pahaman TS terhadapt soalnya sehingga saya tertarik untuk mengulas soal ini. sebagian dari kolom komentar sebenarnya sudah menjawab benar namun disanggkal oleh TS kalau itu jawaban kurang tepat.



Sebenarnya kalau berasumsikan 1+4=5 adalah jawaban benar mungkin anak kelas 4 SD juga bisa menjawabnya ! kenapa demikian ? karena anak SD hanya paham cara penjumlahan yang benar yaitu Pertambahan, perkalian, pengurangan dan pembagian. Mereka tidak paham dengan analogi teka teki matematika seperti halnya dengan Soal 3 5 7 9 ..... 
A. 10
B. 11
C. 12
D. 13
E. 14

Saya berani pastikan anak SD kelas 4 pasti menjawab "A" . jadi kasus soal ini sama dengan yang ada diatas, apakah TS tarap pikirnya masih kelas SD ? hanya dialah yang tau.

Dari beberapa komentar ada yang menarik perhatian saya sebenarnya yang sudah mengupas cara menjawab soal tersebut, tetapi masih dikatakan belum tepat oleh TS disini saya yang membuat tertawa sendiri melihat dan membaca komentar tersebut ditambah lagi seorang yang sok pintar dan sok paham akan soal teka-teki matematika diatas.




Dalam komentar diatas sebenarnya sudah dijelaskan jawabannya adalah 45 dengan menggunakan jalan running total, komentar diatas sebenarnya sudah menjawab sesuai kondisi pertanyaan, karena pada teks pembuka pertanyaan ada kata "Temukan hasil yang benar", karena ini adalah analogi teka teki matematika kita harus memahami teks pertanyaan terlebih dahulu sama seperti teka-teki ini ?

Soal :
Bambang mengikuti tes kerja. Pada ujian tersebut herman mendapatkan skor 87,5%. Jika herman tidak dapat menjawab 5 buah pertanyaan, jumlah soal pada tes ujian adalah ?
A. 48
B. 40
C. 54
D. 50
E. 56

Tentu teks pertanyaan harus dipahami terlebih dahulu baru ke pertanyaannya, dalam teks diatas ada kata temukan berarti kita mencari kate mencari berarti harus memilik dasar dalam pencarian jalan, kata hasil berarti berbicara penjumlahan bagaimana ada hasil bila tidak ada penjumlahan, kata yang benar berarti berbicara yang pasti begitu demikian narasi dari teks soal diatas.

Lalu kenapa TS menjawab dengan pertanyaan temukan hasil yang tepat adalah 1+4=5 ? inilah yang saya bilang ketidak pahamannya pada soalnya sendiri karena hanya modal copy paste saja dan merasa benar sudah paham dengan jawabanya sendiri.



Pada kolom komentar diatas termasuk lelucon yang dagelan saya rasa karena melihat seorang yang merasa paling paham dan sudah merasa teliti akan soal tersebut, alhasil dia berhasil mengocok perut saya dan teman-teman saya yang membaca komentar-komentar dan pemahamanya yang dungu.

Dia berkata harus teliti dengan pertanyaanya, kemudian dia berkata jelas-jelas yang ditanya yang benar bukan penjumlahan kalau ditanya hasil penjumlahan baru.. ini bukti kebodohannya dengan bangganya mempertontonkan kebodohannya sendiri di publik, berbicara teliti namun dia sendiri tidak teliti dengan pertanyaan TS sangat jelas pertanyaan TS adalah Temukan Hasil Yang Benar kok malah dirubahnya sendiri menjadi yg benar, berbicara yang benar namun dia sendiri tidak paham defenisi benar dalam matemateka karena dikatan benar sebab sudah memiliki proses penjumlahan yang tepat kemudian dapat dikatakan benar, dagelan berikutnya yang dia berbicara  "bukan penjumlahan kalau ditanya hasil penjumlahan baru" ini memang pintar apa daya pemikirannya seperti meme rage Herp ? defenisi hasil dalam matemateka sudah pasti kalau itu adalah akhir dari proses penjumlahan jadi sama saja halnya mau dia hasil atau hasil penjumlahan tetap saja. contoh kehidupan Ibu sudah pasti dia seorang ibu untuk pemanggilan yang tepat agar tidak salah orang maka dipanggil ibu budi, sama halnya dengan hasil (berbicara hasil tergantung konsepnya contoh hasil padi, hasil kerja, hasil ujian) semua itu memiliki proses dan perjalanan, sama halnya dengan hasil pada Matematika karena memiliki proses perhitungan dan perjumlahan.

Lalu si orang pintar menjawab yang benar adalah nomor 1 yaitu 1+4=5, pertanyaan saya apakah si orang pintar ini memahami simbol-simbol pada matematika ? saya rasa hanya sebatas "X,+,-,/,√,∑ , = " apakah 1+4=5 tidak memiliki hasil ? saya rasa ada hasilnya yaitu hasil dari pertambahan 1 dan 4, lantas pertanyaan TS kan temukan hasil yang tepat bukan temukan yang tepat, kalau berbicara temukan yang tepat mungkin secara kasat mata anak kelas 4 SD pun tau apakah si orang pintar ini sama cara pikirnya dengan anak SD ?

Dan dengan sombong berkata 2+5 = 12 dan 3+6 = 21 apakah ini benar, matematika selalu tepat ! inilah salah satu kegoblokan yang haqiqi saya rasa dengan merasa pintarnya dia menyangkal 2+5=12 itu adalah salah, saya maklum dengan dia mungkin dia jarang mengenal teka-teki matematika dan dia sama sekali tidak pernah memahami cara penjumlahan running total sehinggal dia menyebut 1+4=5 adalah jawaban yang benar, secara running total pun hasilnya tetap 5 juga 1+(1x5)=5 jadi si orang pintar ini beranggapn cara perhitungan itu hanya ditambah saja lalu ada hasilnya  tanpa memikirkan proses penjumlahan dan cara bagaimana menjumlahkannya.


Bila kita baca komentar diatas kita bisa dapatkan mana yang memiliki wawasan dan mana yang memiliki wawasan, sebelum saya mengangkat kedalam postingan saya sudah coba cari tau dulu kebenaran soal diatas dan jawaban yang tersetifikasi adalah jawabanya 45 bukan 1+4=5, menurut contoh soal yang sudah dikupas di situs laman brainly untuk bisa diakses silahkan copas tautan berikut https://brainly.co.id/tugas/13787116


Subscribe to receive free email updates: