Acara Mangondasi Saur Matua Pada Adat Batak

-

Setelah beredar nya sebuah video yang dimana ada seorang jenazah terbaring di suatu rumah di mana terlihat jelas di video tampak orang-orang muda dan paru baya menari dan berjoget dengan girang diringi music remix yang suaranya lumayan kencang, sumber video tersebut dikutip oleh sebuah laman Facebook/bangso batak sedunia dan sudah ratusan kali dibagikan.

Acara saur matua


Bagi yang tidak mengenal adat dan acara Batak mungkin anda akan memberikan tanggapan negatif atas aksi tersebut, sebenarnya orang suku Batak pun banyak yang tidak tau akan acara ini biasanya kaum milenial sekarang.

Acara tersebut sebenarnya sudah sangat lama ditradisikan oleh bangsa Batak mengingat umur pada jaman dulu tergolong umur yang panjang dan dulu teknologi smartphone belum begini canggih nya yang bisa merekam kapan saja, jaringan internet pun nyaris tidak ada pada handphone jaman dulu dan pada saat ini semua berubah bahkan setiap detik kita bisa abadi kan momen-momen makanya pada saat acara itu ada yang memvideokan terus meng-upload ke media sosial lalu viral.

Sebelum kita menilai alangkah baiknya kita cari informasi terlebih dahulu, bagi yang batak bisa bertanya kepada orang tua atau yang sudah paham adat Batak.

Pada video tersebut itu memang fakta terjadi, namun pada adat orang Batak, bagi orang tua yang meninggal/wafat dengan status saur matua ( semua anak-anak nya sudah menikah dan memiliki keturunan) , maka proses adatnya berbeda dengan yang meninggal dengan orang tua yang belum memiliki cucu, begitu juga dengan orang tua yang memiliki cucu tapi anak nya belum menikah semua.

Meninggal dengan status saur Matua adalah anugerah yang luar biasa yang jarang didapatkan orang-orang, jadi ketika orang tua meninggal kita disarankan tidak lama larut dalam kesedihan karena semestinya harus bersukacita.

Ketika acara yang memasuki jam 12 malam maka ada acara namanya Mangondasi yaitu acara sukaria dimana para naposo (pemuda) maupun orang tua akan mengadakan acara hiburan (seperti dalam video) yang bertujuan untuk menghibur keluarga yang ditinggal dan bersyukur bisa wafat dengan saur matua.

Namun itu hanya acara sekali saja bukan tiap hari, biasanya acara sukaria itu hanya 1 jam biasanya faktornya jangan menggangu orang yang istirahat baik dalam rumah maupun tetangga.

Dan keesokan harinya biasanya akan dilakukan proses secara agama, adat pestanya serta adat istiadat proses pemakaman, beda daerah beda peraturan biasanya. 

Acara ini sebenarnya tidak wajib dengan cara hiburan seperti itu, kembali kepada keluarga yang bersangkutan menginginkan apa tidak, jadi kita jangan langsung berburuk sangka dulu ya, 

Dan jangan sampai menghina mereka, menjudge mereka bodoh dll itu sama saja anda menghina adat anda sendiri, jangan samakan proses agama dengan adat Batak tentu beda jalan seperti kata pepatah "orang beragama belum tentu beradat, tetapi orang beradat sudah pasti beragama"



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Acara Mangondasi Saur Matua Pada Adat Batak"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan dewasa sesuai dengan akhlak anda, tunjukkan tata bahasa anda sesuai ajaran agama anda. Terimakasih

Popular Posts