Cara memperbaiki TV Polytron u Slim Layar hanya garis ditengah

-

Kasus ini sudah mendara daging pada kasus TV merek polyron, kebanyak TV polytron memang mengalami kerusakan pada gambar TV baik yang hanya garis setengah pada layar TV dan kemudian Protek atau stanby.

Banyak beranggapan kerusakan tersebut terjadi pada bagian horizontal karena garis setengan di layar sejajar garis horizontal (timur ke barat) namun hal demikian salah kapra.

Cara memperbaiki TV Polytron u Slim Layar hanya garis ditengah
Berikut cara memperbaiki kerusakan TV tersebut :
- Cek terlebih dahulu komponen IC Vertikal bagus apa tidak, selanjutnya
- Cek solderan pada jalur Vertical apakah ada mengalami korosi atau solderan yang retak
- Cek seluruh Elco pada jalur Vertical biasanya yang bermasalah adalah Elco 1 uf 50 V, 10 uf 50 v 47 uf 50 v
- Cek tegangan yang mengarah ke jalur Vertikal

Demikian kasus tv yang saya dapatkan dari pelanggan saya dimana tv Polytron u-slim mempunyai kasus dimana tv hidup namun hanya garis ditengah.

Sebenarnya bagi teknisi tv atau tukang servis pasti sudah tau dimana letak permasalahannya, namun disini saya akan memberikan tips sederhana bagi para tukang servis pemula atau yang sedang belajar mendalami elektronika .

Apabila menemukan kasus seperti ini jangan langsung panik terlebih dahulu, sebaiknya tanya para master tuser atau cari referensi di google atau YouTube untuk mengetahui letak permasalahan kerusakan tv tersebut setelah tutorial ditemukan sebaiknya jangan senang dulu karena tutorial yang anda dapat belum tentu sama kasusnya dengan tv anda.

Lantas bagaimana cara mengatasi nya ya tetap cek jalur-jalur dan periksa komponen yang mencurigakan atau terkadang bentuk fisik komponen bisa dilihat secara langsung.

Bila suda ditemukan ganti dengan komponen yang baru lalu cek kembali tegangan di segiap jalur-jalur apakah tegangan sudah normal.

Selanjutnya hidup kan tv untuk mengetahui kondisi nya, tunggu hingga 30 menit atau lebih perhatikan apakah tv kemvali bermasalah, bila tidak tutup semua kesing .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memperbaiki TV Polytron u Slim Layar hanya garis ditengah"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan dewasa sesuai dengan akhlak anda, tunjukkan tata bahasa anda sesuai ajaran agama anda. Terimakasih

Popular Posts