Cara Memperbaiki TV Samsung Tabung Seri BC21M17LMH Yang Mati Total

-

Solusi mencari masalah pada TV Samsung Tabung Seri BC21M17LMH yang mengalami mati total, meskipun sudah mengganti ic power regulator KA Qo0775 namun tetap gagal hidup, memang pada kasus ini TV samsung memang tergolong agak sulit bila mencari kerusakan pada mesin.

Mungkin kita bisa mencoba mencari solusi dengan memeriksa Tegangan B+ pada mesin televisi apakah tegangan normal,  tegangan melonjak/over atau tegangan drop/down, apabila B+ sudah di cek kita bisa memeriksa komponen-komponen lainya seperti :

- Coba Mengganti Elco yang berukuran 47 uf 50 Volt dan harus diperhatikan kita harus membuang isi arus/listrik pada papan komponen karena STR samsung sangan sensitif biasany.

Cara Memperbaiki TV Samsung Tabung Seri BC21M17LMH Yang Mati Total


- Bila TV masih mengalami Protek mungkin STR mengalami error sistem coba dicek komponen pendukung pada area primer dan kemudian komponen daerah sekundernya.
- Jika tenganan naik coba di cek Resistor 123K pada areal regulator  dan B+
- Kemudian cek Tegangan DC yang masuk ke kali elko 400uf 450 volt lalu cek saklar dan sekring/fuse- Apabila masih tetap nihil sebaiknya di Gacun saja biasanya cara ini sering berhasil meskipun banyak memakan waktu.


Kasusu ini yang penulis temukan pada saat memperbaiki tv polytron u-slim 21 inci, kerusakan yang saya temukan belum tentu juga sama dengan kerusakan yang tv lain alami meskipun ciri-ciri kerusakan sama tapi penangan pasti berbeda. Jadi dalam kasus ini kerusakan tv polytron memang lazim ditemukan sengan kasusu seperti ini bukan hanya saya saja mengatakan tetapi beberapa teman tuser lainnya juga.


Kita menemukan kasus seperti ini sebaiknya yang kita cek terlebih dahulu adalah tegangan dari area regulator bila bagus baru kita cek areal pembaginya seperti ke bagian IC vertikal Ic horizontal audio dan gambar bila dalam kasus ditemukan ada daya yang tidak wajar pada pcb misalnya b+ melebihi dari 115 vdc menjadi 140 vdc sebaiknya cara utama mengamankan jalur ke ic croma dulu dengan cara memutus tegangan ke jalur i c chroma dan kemudian memtus jalur ke ic vertikal agar tid merusak komponen-komponen lainnya

Sebaiknya cari jalur tegangan yang tidak normal bisa jadi diakibatkan oleh resistor yang korslet atau ada elco yang kering /kembung atau meledup harus diteliti dengan pelan-pelan pada jalur-jalur yang dayanya tidak.normal

Setelah ditemukan kendalanya lanjutkanbke area lainnya hingga tegangan pada tiap-tiap blok normal atau turun hanya sekitar 1-2% dari daya utamanya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki TV Samsung Tabung Seri BC21M17LMH Yang Mati Total"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan dewasa sesuai dengan akhlak anda, tunjukkan tata bahasa anda sesuai ajaran agama anda. Terimakasih

Popular Posts