Pemadaman Kebakaran Di Areal Perkebunan Sawit

-

Dampak kemarau yang sedang terjadi di indonesia terutama di bagian Sumatera Selatan yang berdampak pada kekeringan air baik di pemukiman dan diperkebunan. Dampak kemarau pada perkebunan dan hutan sangat berbahaya karena rawan kebakaran.

Ada beberapa faktor penyebab kebakaran yaitu faktor Alam, Manusia.

Pemadaman Kebakaran Di Areal Perkebunan Sawit


- Faktor Alam, biasanya terjadi akibat biologis alam itu sendiri bisa terjadi akibat gesekan antara ranting-ranting kering yang diakibatkan angin kencang dan bisa juga terjadi akibat sambaran petir.
- Faktor Manusia, biasanya ini terjadi karena di sengaja dibakar oleh manusia bisa diakibatkan oleh pembukaan lahan, konflik sosial.

Namun biasanya kebakaran terjadi pada perkebunan adalah disebabkan faktor kelalaian karyawan bisa jadi membuat api untuk masak/api unggun atau membuang puntung rokok sembarang ke areal rawan kebakaran seperti ranting kering maupun gambut, dan penyebab kebarakan berikutnya adalah faktor kesengajaan biasanya ini terjadi pada orang yang tidak senang pada persusahaan/perkebunan tersebut atau konflik sosial.

Namun itu hanya perkiraan saja dan saya berharap itu hanya faktor ketidaksengajaan saja bisa jadi kerena lalai membuang puntung rokok atau api loncat (api kiriman yang dibawah oleh angin).

Pemadaman Api di perkebunan sangat sulit apalagi di bagian Provinsi Sumatera Selatan tergolong banyak tanah gambut dimana kita tau kebakarna gambut sangat sulit dipadamkan kecuali ada bantuan alam berupa Hujan deras dengan intensitas tinggi dan durasi 6-10 jam bila arealnya sangat luas terbakar.



Saya melihat beranda teman-teman saya yang membagikan bagaimana perjuangan mereka di dalam lahan guna melawan sijago merah (api) untuk dipadamkan agar tidak merambat kebagian lainya.
Pemadaman Kebakaran Di Areal Perkebunan Sawit

Pemadaman Kebakaran Di Areal Perkebunan Sawit

Pemadaman Kebakaran Di Areal Perkebunan Sawit

Perjuangan mereka sangat luar biasa diterik panas matahari dan panas api mereka tetap berjuang guna memedamkan api, tampak terlihat wajah mereka sangat lelah tapi mereka sangat memiliki tanggung jawab yang berat dan slogan "Pantang Pulang Sebelum Padam" kita doakan semoga tugas mereka segera selesai  dapat beristirahan dan bertemu dengan keluarga .

Pemadaman Kebakaran Di Areal Perkebunan Sawit

Tetap semangat Para pahlawan semoga diberi kesehatan dan kekuatan.

Dan bagi teman-teman yang membaca, mari kita jaga lingkungan kita dari kebakaran, mari kita ingatkankan sanak saudara kita untuk tidak melakukan pembakaran baik membuka lahan maupun membuang puntung rokok sembarangan. 

Meskipun ada sakit hati kita terhadap perusahaan/perkebunan jangan sekali kali kita lampiaskan dengan membakar karena akan banyak yang dirugikan oleh kelakuan anda sendiri. 

Jadilah masyarakat yang cerdas dan peduli api.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemadaman Kebakaran Di Areal Perkebunan Sawit"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan dewasa sesuai dengan akhlak anda, tunjukkan tata bahasa anda sesuai ajaran agama anda. Terimakasih

Popular Posts