Posisi Tulisan Yang Benar Pada Kayu Salib Di pemakaman

-


Ada beberapa orang yang berdebat ketika ingin menempatkan posisi nama yang meninggal pada kayu salib untuk di tanam di kuburannya. Setelah melakukan banyak diskusi dan diambil kesimpulan oleh orang tua (pemuka adat) mengenai hal tersebut.


Hasil penjelasan,

Peletakan posisi tulisan itu hanya sebagai tanda pengenal saja, manatau bila terjadi hujan lebat atau genangan air yang meratakan tanah tersebut gampang untuk dicari. 

Atau bila kuburan itu sudah sangat lama tidak di ziarahi mungkin karena keluarganya jauh diperantauan. Apabila mereka ingin ke makam untuk ziarah tentu sangat sulit untuk menemukan posisi kuburan keluarganya, bila hanya kayu salib saja yang tertancap tanpa nama tentu kita rasa aneh

Tidak ada penjelasan secara agama atau adat mengatakan tulisan nama yang ada pada kayu salib harus menghadap kedalam atau keluar karena tulisan nama itu hanya sebagai tanda pengenal bahwa yang dikubur di sini adalah nama ini.

Kalau menurut cerita jaman dulu (kata pemuka adat bercerita) tulisan menghadap kedalam atau mengarah kekaki itu untuk menghormati yang meninggal karena tidak sopan bila lewat dari atas kepala, jadi dahulu itu jalan setapak di pemakaman tidak boleh sehadap dengan kepala yang meninggal, jalan setapak harus dibawah kaki yang meninggal begitu seterusnya sampai ujung jalan.

Maka dari itulah tulisan di kayu salib menghadap arah kaki agar mudah dibaca dari jalan setapak tersebut.

Saya tidak tau alasan lainnya kenapa harus tulisan kedalam atau keluar, karena yang saya jelaskan ini adalah pengetahuan saya dan yang sata tau dari orang-orang tua jaman dulu (ungkap pemuka adat)

Kayu salib pada pemakaman adalah simbol dari agama kita adalah kristen atau Katolik, jadi bila ada kuburan yang menggunakan salib bisa dipastikan yang dikubur disitu adalah penganut agama Kristen.


Jadi inti dari penjelasan diatas adalah :

Posisi nama pada kayu salib itu tidak masalah menghadap keluar apa kedalam, itu tergantung kebiasaan pada daerah masing-masing dan kondisi akses jalan setapak ke dalam pemekaman.

Yang terpenting adalah letak penempatan salib jangan sampai terbalik, karena posisi salib ditanam harus tepat searah posisi kepala tidak boleh ditengah atau searah kaki.

Mungkin itu hanya bentuk simbolis saja untuk dapat menjadi pengenal, dan itu tidak bisa dipungkiri karena holan i do na baru. 

Tetapi bila melintasi pemakaman sebaik perhatikan jalan anda, agar tidak salah jemput hingga saat. 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Posisi Tulisan Yang Benar Pada Kayu Salib Di pemakaman"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan dewasa sesuai dengan akhlak anda, tunjukkan tata bahasa anda sesuai ajaran agama anda. Terimakasih

Popular Posts